Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

BAHASA Indonesia mempunyai dua kedudukan yang sangat penting, yaitu: 1) Sebagai Bahasa Nasional, dan 2) Sebagai Bahasa Negara. Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai: a) Lambang kebanggaan kebangsaan, b) Lambang identitas nasional, c) Alat penghubung antar warga, antar daerah, dan antar budaya, dan d) Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasa yang berbeda-beda ke dalam satu kesatuan kebangsaan yang bulat.

Sedangkan di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai: a) Bahasa resmi kenegaraan, b) Bahasa pengantar di dalam dunia pendidikan, c) Alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan d) Alat. Pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara salah satunya berfungsi sebagai bahasa pengantar di dalam  dunia pendidikan. Berdasarkan hal  inilah maka bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA)  dan semua lembaga  perguruan tinggi di Indonesia. Untuk itu pulalah perlu dan pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia di semua lembaga pendidikan di Indonesia. Mengapa pembelajaran bahasa Indonesia itu penting dilakukan  di lembaga pendidikan? Secara umum bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Bahasa merupakan penunjang keberhasilan peserta didik dalam mempelajari semua bidang studi.

Baca Juga :   Cara Mengajar yang Baik agar Siswa Tidak Mudah Jenuh

Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, dengan bahasa peserta didik diharapkan mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.

Baca Juga :   Beberapa Jurus Memupus Jenuh

Untuk itu pembelajaran bahasa Indonesia mendapatkan peran penting untuk pendidikan di Indonesia karena merupakan bahasa resmi di semua bidang. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Komunikasi itu diharapkan terjadi baik secara lisan maupun tertulis. Lebih dari itu, pemahaman terhadap bahasa Indonesia diharapkan menumbuhkan apresiasi peserta didik terhadap hasil karya kesusastraan bangsa Indonesia.

Belajar bahasa pada hakikatnya belajar komunikasi. Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1995) mengatakan “Pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pembelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis”. Dalam hal ini relevan dengan kurikulum 2004 bahwa kompetensi pembelajar bahasa indonesia diarahkan ke dalam empat aspek, yaitu menyimak, membaca, berbicara dan menulis.

Baca Juga :   Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini

Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tertulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia. Semoga kreativitas bapak/ibu guru dalam memberi pelajaran bahasa Indonesia berhasil mengantar anak-anak bangsa tidak hanya menjadi cerdas, tetapi juga bijaksana.

Oleh: Sutini S.Pd
Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Karang Bintang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.