Fraksi PKB Usulkan Raperda Pendidikan Keagamaan dan Pesantren di Prolegda 2022

KabarKalimantan, Banjarmasin – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kota Banjarmasin mengusulkan beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) di Prolegda Banjarmasin tahun 2022.

Salah satu raperda yang menjadi usulan Fraksi PKB DPRD Banjarmasin yaitu aturan tentang Pendidikan Keagamaan dan Pesantren.

Sekretaris Fraksi PKB DPRD Banjarmasin, Zainal Hakim menyampaikan, setelah Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, tentunya daerah juga akan menyesuaikan.

Baca Juga :   Dewan Minta Serapan Anggaran Tahun 2018 Terealisasi Lebih Besar

Artinya, ujar Hakim sapaan akrabnya, perlu ada tindak lanjut untuk menyesuaikan dengan payung hukum tersebut. “Kami menganggap perlu ada tindak lanjut cepat agar di daerah juga punya payung hukumnya,” ujar Hakim, Selasa (9/10/2021).

Baca Juga :   Sakit Hati, Seorang Pasien Bunuh Diri di RSUD Ulin

Dikatakan Hakim, Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar pun menginstruksikan agar memperjuangkan pendidikan agama di daerah, terlebih tentang pesantren. Sehingga pihaknya akan segera mendorong usulan Raperda ini untuk menjadi Perda.

“Kita sudah mensyukuri diterbitkannya UU Pesantren. Selanjutnya tinggal di tingkat daerah,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin ini.

Baca Juga :   Siswa/i SMAN 7 Banjarmasin Diminta Hindari Narkoba

Dijelaskannya, UU Pesantren sendiri merupakan inisiasi atau gagasan dari PKB. Sehingga tidak salah jika selanjutnya di daerah, PKB juga yang mengawal sampai benar-benar terwujud menjadi Perda.

“Kita akan kawal sampai berhasil dan pesantren mendapatkan hak sesuai amanah undang-undang,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.