Pemkab Balangan Gelar Apel Gabungan Persiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak 17 November Mendatang

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan bersama unsur TNI/Polri setempat melaksanakan apel gelar pasukan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 Kabupaten Balangan pada 17 November mendatang. Apel tersebut dilaksanakan di Mapolres Balangan, Selasa (9/11/2021).

Pada pelaksanaannya, pilkades serentak 2021 Balangan akan terselenggara di 19 desa dari 6 kecamatan dan melibatkan 10.212 pemilih, dan 53 calon kades.

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, pihaknya memaklumi bahwa dalam situasi seperti ini, masyarakat tengah menghadapi berbagai situasi untuk menyalurkan aspirasinya.

Belajar dari pengalaman, bahwa kebebasan memilih memiliki potensi menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Untuk itu, ia mengimbau agar semua pihak harus cermat dan waspada, karena perbedaan pendapat, kepentingan pilihan, serta bermacam-macam cara orang mengapresiasinya.

Baca Juga :   Dinas PUPR Balangan Perbaiki Beberapa Ruas Jalan Prioritas

“Dalam hal ini, apabila disikapi dengan kerangka berpikir yang sempit dan kurang bijaksana bisa memicu terjadi konflik yang dapat menimbulkan gangguan dan ketertiban umum. Oleh karena itu dalam menghadapi pelaksanaan Pilkades kita dituntut untuk lebih intensif menjaga situasi tetap aman tertib dan kondusif,” ujar Bupati Balangan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Balangan beserta seluruh jajaran, Dishub, Satlinmas, pemerintah kecamatan dan semua unsur yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2021 di Kabupaten Balangan.

Baca Juga :   BNN Balangan Bekuk Terduga Pengedar Sabu Asal HST

Ia yakin, dalam menjalankan tugas ini semuanya sudah siap serta memiliki komitmen, dan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam mengemban tugas ini.

Selaku pimpinan daerah, dirinya berpesan agar secara proaktif mengikuti perkembangan situasi, serta tak menganggap remeh masalah sekecil apapun.

“Informasi atau isu yang berkembang sangat bermanfaat untuk kita kaji, pelajari dan klarifikasi, sehingga dapat kita sikapi secara dini. Dan tidak lupa, meskipun tugas utama dalam pengamanan, wajib menjadi contoh yang baik terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” katanya.

“Semoga berjalan dengan aman, damai, tertib dan sehat. Kami ucapkan selamat bertugas, semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara,” tambahnya.

Baca Juga :   Kabag Ops Polres Balangan Berganti

Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin mengatakan, pihaknya menerjunkan lebih dari 100 personel dalam pengamanan pelaksanaan Pilkades 2021. Pihaknya juga tidak hanya melaksanakan pengamanan di lokasi pemungutan suara, tetapi juga melakukan patroli secara mobile.

“Kita menurunkan 215 personel yang dibagi ke-19 wilayah yang melaksanakan Pilkades. Selain itu kita juga melakukan patroli secara mobile dengan skala cukup besar,”ujar Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin.

Hadrianor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.