Pelatihan Modal Penting Tingkatkan Kinerja Aparatur Desa

  • Whatsapp

KabarKalimantan, Marabahan – Kecamatan Anjir Pasar menggelar Pelatihan Kewenangan Desa. Kegiatan yang dilaksanakan di Nasa Hotel Banjarmasin ini dibuka Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS, Jumat (26/11/2021).

Acara yang juga dihadiri Kadis PMD Moch Aziz ini diikuti para kades, BPD, dan perangkat desa se-Kecamatan anjir Pasar.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Pemkab Batola Peringati 74 Tahun Hari Perlawanan Rakyat Marabahan

“Saya mengapresiasi adanya pelatihan ini, mengingat ini akan menjadi modal penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kinerja aparatur desa,” ucap bupati.

Dikatakan Noormiliyani, kewenangan desa merupakan ruh utama Undang-Undang Desa untuk mencapai desa yang mandiri. Jika kewenangan tidak jelas dan tegas maka arah kebijakan, program, dan kegiatan pelayanan tidak akan berjalan efektif.

Baca Juga :   Dana Stimulus Korban Banjir Batola Mulai Dibagikan

Bupati mengharapkan, pelatihan yang dilaksanakan semakin meningkatkan sinergitas kebersamaan dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa. “Terlebih dalam kondisi sekarang pemerintah telah memberikan kewenangan desa untuk berhak mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa sendiri,” katanya.

Ia menyebutkan, keleluasaan yang dijalankan oleh desa ini muncul karena perkembangan desa dan prakarsa masyarakat desa dengan didasari prinsip desentralisasi, delegasi, dan dekonsentrasi.

Baca Juga :   Pasca Banjir, Petugas Kebersihan Kerja Keras Bersihkan Sampah

“Kesempatan yang dibeIikan hendaknya benar-benar dimanfaatkan maksimal dalam upaya melakukan perbaikan dan pembenahan menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan pelatihan secara sungguh-sungguh. Agar pengetahuan yang didapatkan dapat menjadi bekal dalam mengelola dan melaksanakan pembangunan desa. “Sehingga dengan anggaran yang cukup besar bisa dipergunakan secara efektif dan tidak menyalahi regulasi yang ditentukan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *