Cetak KTP, KK dan Akta Sekarang Cukup Pakai ADM

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin telah membuat sebuah inovasi pelayanan publik dalam hal penyediaan pembuatan KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dengan cepat.

Melalui sebuah mesin bernama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), kini masyarakat kota berjuluk Seribu Sungai, tidak perlu repot berdesakan atau datang langsung ke kantor Disdukcapil, mereka hanya perlu mengunjungi mesin ADM yang kini ditempatkan di kawasan wisata Siring Menara Pandang, Banjarmasin.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Perayaan HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional Berlangsung Khidmat

Dengan dipandu petugas operator, masyarakat yang memerlukan pelayanan pembuatan KTP, KK atau Akte Kelahiran dapat dengan mudah mendapatkannya.

Hal tersebut terungkap dalam peresmian ADM di Siring Menara Pandang Tendean sekaligus meresmikan operasional mesin tersebut, Kamis (2/12/2021).

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) yang merupakan sebuah sarana untuk melengkapi fasilitas digital, dalam rangka mencetak tiga dokumen kependudukan yaitu KTP elektronik, Akta Kelahiran,dan Kartu Keluarga ” ucap Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya.

Baca Juga :   PMI Balangan dan Sosial Kapdi Serahkan Bantuan Bedah Rumah

Dengan adanya mesin tersebut, maka diharapkan bisa mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan penyediaan KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga.

Penggunaan mesin ADM sendiri cukup mudah, masyarakat yang memerlukan pelayanan penyediaan KTP cukup menscan barcode sekaligus mengirimkannya QR melalui E-mail aktif, maka mesin ADM bisa langsung mencetak surat yang diperlukan masyarakat.

“Pencetakan KTP, Akte Kelahiran dan Kartu keluarga ini sehari bisa dilakukan sampai 100 kali, dan bisa diisi ulang untuk hari selanjutnya. Sedangkan kartu keluarga dan akta kelahiran, nanti dikirimkan lewat E-mail dalam bentuk PDF dan dapat dicetak dimana saja, namun tetap bisa dicetak juga disini,” jelasnya.

Baca Juga :   Bupati Zairullah Pimpin Rakor Antisipasi Potensi Bencana

Keberadaan mesin ADM ini, terangnya, merupakan hasil hibah dari Kemendagri untuk Kota Banjarmasin. Hibah mesin ini, merupakan sebuah bentuk penghargaan dari KeMendagri. Dan di tahun 2022 nanti, Pemko Banjarmasin berencana menambah mesin ADM untuk di tempatkan di Mall Pelayanan Publik, yang akan di bangun di ex pusat perbelanjaan Mitra Plaza, Banjarmasin.

“Untuk ke depan, Pemko Banjarmasin berencana menempatkan mesin ADM tersebut di masing-masing kecamatan,” pungkasnya.

Budi Setiawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.