DP3A Kalsel Lakukan Rapat Pendampingan Advokasi dengan Gugus KLA Kotabaru

KabarKalimantan, Kotabaru – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi (DP3A) Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan pendampingan/advokasi Kota Layak Anak (KLA) khususnya ruang lingkup Klaster Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya tahun 2021 di Kabupaten Kotabaru.

Acara yang dilaksanakan di ruang rapat BAPPEDA Kotabaru, Selasa (7/12/2021) itu dihadiri sebanyak 25 peserta yang tergabung dalam gugus tugas KLA Kotabaru.

Bacaan Lainnya

Ditemui usai acara, Kepala DP3A Provinsi Kalsel Husnul Hatimah melalui Kepala Bidang Pemenuhan Anak, Andrian Anwari, mengatakan, pendampingan/advokasi ini merupakan salah satu usaha DP3A Kalsel untuk meningkatkan pemenuhan hak anak dengan memperkuat koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi dengan gugus tugas KLA Kotabaru.

Baca Juga :   DPRD Kotabaru Gelar Paripurna Masa Persidangan Kedua

Dijelaskannya, ada dua yang ingin dicapai dari kegiatan ini, yaitu menyamakan persepsi tentang KLA dengan gugus tugasnya, serta dapat direplikasi dan diduplikasi kegiatan ini oleh masing-masing gugus tugas untuk dilakukan di tingkat kabupaten.

“Ini salah satu upaya membantu kepala daerah agar program ini dapat berjalan berdasarkan peraturan Presiden nomor 25 tahun 2021 tentang penyelenggaran KLA yang mana Bupati bertanggungjawab terhadap program KLA di daerah masing-masing,”ujarnya.

Dipaparkannya lebih luas, ada lima klaster dalam dalam program KLA yaitu klaster kelembagaan, pemenuhan hak anak dalam partisipasi sipil dan pembangunan, pemenuhan hak kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan kependidikan, dan terakhir perlindungan khusus anak.

Baca Juga :   Pemkab Kotabaru Salurkan BLT Tahap Keempat

Khusus untuk klaster pendidikan, menurutnya, ada indikator yang harus diperhatikan. Pertama indikator wajib belajar, kedua bagaimana menyediakan fasilitas anak yang ramah, dan yang ketiga yaitu menyelenggarakan kegiatan diluar waktu anak bersekolah.

“Semoga dengan dukungan gugus tugas KLA, pada saat evaluasi nanti Kotabaru bisa mendapatan penghargaan,”harapnya.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kotabaru melalui Plt Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Hj Rabiatul Adawiyah, sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh DP3A Provinsi Kalsel tersebut.

Baca Juga :   Paman Birin Resmikan Trans Banjarbakula dengan Skema BTS

Setelah acara ini, pihaknya akan menindaklanjuti dan siap membantu memfasilitasi terutama dalam pengumpulan data yang diperlukan terkait dengan penghargaan KLA.

“Kita akan adakan rapat dengan SKPD terkait dan akan menanyakan kegiatan apa saja yang sudah jalan selama ini,”terangnya.

Salah satu peserta, yang juga merupakan Wakil Ketua Forum Anak Kotabaru Syarifah Nabila Alaydrus,  mengungkapkan, acara yang digelar ini memberikan banyak ilmu pengetahuan tambahan tentang klaster KLA.

Baik tentang klaster kelembagaan, klaster pemenuhan hak anak dalam partisipasi sipil dan pembangunan, pemenuhan hak kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan kependidikan, dan juga perlindungan khusus anak.

“Alhamdulillah, banyak ilmu yang saya dapat pada acara ini,”tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.