Datangi Depok, DPRD Banjarmasin Belajar Tangani PPKS

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kalangan wakil rakyat di DPRD Banjarmasin melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Depok. Mereka bermaksud mempelajari soal penanganan anak jalanan, anak terlantar, lansia dan penyandang disabilitas atau disebut Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Zainal Hakim menjelaskan, upaya yang dilakukan Dinsos Depok untuk penanganan PPKS yaitu melalui penjangkauan dan edukasi. Seperti badut jalanan. Mereka langsung ditangani dan dibawa ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Konfrensi Kerja, Wadah Evaluasi Program Kerja PGRI

“Jadi di Depok ada yang namanya RPS. RPS ini berfungsi sebagai tempat rehabilitasi untuk anak anak jalanan, anak terlantar, dan juga orang dewasa yg berkeliaran di jalan,” ujar Zainal Hakim, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga :   Seorang Sopir Kedapatan Membawa Sabu-sabu

Setelah di RPS, lanjut Hakim, petugas Dinsos setempat akan melakukan asesmen dan edukasi, serta siraman rohani kepada PPKS. Mereka juga diminta untuk membuat perjanjian dan penyataan agar tidak kembali ke jalan.

“Sebelum mereka diserahkan ke keluarga, dinas sosial melakukan pendampingan psikososial bagi yang masih di bawah pengawasan orang tua,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, penanganan juga dilakukan oleh lintas dinas, seperti menangani anak yang putus sekolah.

Baca Juga :   ​Muhidin Ingin Tuntut Pemkot Banjarmasin Soal RS Sultan Suriansyah

Dinsos berupaya agar anak tersebut dapat melanjutkan pendidikan dengan melibatkan Dinas Pendidikan (Disdik) dan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memfasilitasi dokumen kependudukan bagi yang belum memiliki identitas seperti KK,KTP, KIA dan lainnya.

“Dinsos akan memberi pelatihan kerja bagi yang terjaring razia. Dengan pelatihan ini mereka diharapkan memiliki keahlian, agar mendapat pekerjaan layak di kemudian hari. Semoga ini juga bisa diaplikasikan di Banjarmasin,” tutup politikus PKB ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.