Paksa Diri Keluar dari Zona Nyaman Guna Mengubah Kebiasaan Buruk Menjadi Kebiasaan Positif

BANYAK nasihat dari motivator dunia mengatakan bahwa pola pikir menjadi kunci seseorang bisa meraih sukses dan bahagia. Seperti kata pepatah, Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Pastinya, Anda juga ingin sukses, kan? Nah, mari raih kesuksesan dengan mengubah pola pikir. Lalu, bagaimana caranya? Pola pikir efektif dan lincah menjadi kunci untuk meraih kesuksesan. Pola pikir manusia itu unik dan jauh lebih kuat dari pada apa yang Anda sadari. Steve Maraboli, seorang pengarang dan motivator mengatakan, bahwa saat Anda mulai mengubah pola pikir Anda, semua hal di luar itu akan ikut berubah.

Apa yang dikatakan Steve Maraboli sejalan dengan yang juga dinyatakan Carol Dweck, seorang psikolog dari Stanford. Carol ikut menambahkan bahwa pola pikir berperan penting dalam menentukan pencapaian Anda. Dari dua pernyataan tersebut, sebenarnya Anda sudah bisa melihat bagaimana pola pikir mampu mempengaruhi cara Anda memandang dunia dan merespon hal-hal yang terjadi pada diri Anda. Untuk itu, jika ingin sukses, mulailah berpikir positif dan membangun pola pikir orang sukses. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pola pikir efektif dan lincah, antara lain; sadar dengan pola pikir yang Anda miliki, mulailah mengenali dan mempelajari pola pikir Anda, apakah sering berpikir positif atau cenderung negatif. Jika negatif, maka Anda perlu melakukan penyesuaian. Anda juga harus meningkatkan kesadaran akan keadaan emosional, sekaligus juga perlu tahu mengenai rantai pikiran, perasaan, dan perilaku. Karena tak bisa dipungkiri, ketiganya memiliki hubungan yang sangat erat, dari pikiran akan mempengaruhi perasaan, dan akhirnya ikut mempengaruhi perilaku Anda.

Baca Juga :   Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Analisis cara Anda berbicara dengan diri sendiri, setiap orang sering berbicara dengan diri sendiri. Hal ini mau tidak mau akan mempengaruhi pola pikir. Jika Anda berpikir tidak bisa melakukan sesuatu, maka Anda akan lemah dan yang terjadi memang Anda jadi tak bisa melakukannya. Sebaliknya, jika Anda memiliki powerfull, itu akan membantu Anda menyelesaikan tantangan hidup. Dengan kata lain, jika Anda ingin sukses, mulailah memberikan kata-kata positif kepada diri sendiri, sehingga Anda benar-benar melihat hasil yang Anda inginkan.

Kelilingi diri dengan orang-orang positif. Cara efektif lainnya untuk membentuk pola pikir sukses adalah mengelilingi diri dengan orang-orang yang juga memandang hidup dengan positif. Mereka biasanya sudah mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Sumber perkataan dan perilaku positif mereka biasanya tergambar jelas pada karakter mereka. Orang sukses cenderung memiliki pola pikir yang hebat dan dapat membantu Anda menumbuhkan pola pikir yang sama. Anda dapat mempelajari bagaimana cara berpikir, mencari tahu tips berpikir lebih kreatif dan penuh dengan inovasi, kemudian menerapkan pada diri Anda sendiri.

Paksa diri untuk keluar dari “zona ” nyaman,”. Kenyamanan memang kadang melenakan. Berada dalam kondisi yang tanpa adanya tantangan kadang juga jauh lebih menenangkan, namun berhati-hatilah dengan pikiran yang mendorong Anda untuk tetap tinggal dalam kondisi nyaman ini. Anda akan stuck dan tidak bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jika saat ini Anda terjebak dalam zona nyaman, jangan diam saja. Cobalah untuk melakukan hal-hal baru yang lebih menantang. Pelajari kemampuan yang sebelumnya tak Anda lakukan. Bahkan Anda bisa pula mencari ide brilian untuk mengasah kreativitas dan inovasi di dalam diri Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendorong diri Anda sendiri untuk bergerak dan meraih kesuksesan berikutnya. Terus bertumbuh dan menjadi lebih baik setiap hari merupakan esensi hidup yang sebenarnya.

Baca Juga :   Tips Agar Sukses Mengatasi Kegagalan

Ubah kebiasaan Anda. Kebiasaan atau rutinitas sangat kuat mempengaruhi pola pikir manusia. Pikiran manusia menyukai alur berpikir yang berulang-ulang, baik atau buruk, yang disebut juga dengan habit. Dalam bukunya yang berjudul Atomic Habits, James Clear menjelaskan bahwa untuk menghentikan kebiasaan buruk menjadi rutinitas yang baik, membutuhkan proses yang jelas. Jika selama ini Anda memiliki kebiasaan buruk, seperti bertindak tanpa berpikir (impulsif), Anda dapat menggunakan pendekatan dari James Clear untuk membangun kebiasaan baru yang jauh lebih. Pendekatan ini dimulai dengan Clue (memberikan sinyal perubahan dengan jelas), Craving (buat kebiasaan baru tersebut lebih atraktif), Respons (buat kebiasaan ini jadi mudah dilakukan), dan Reward (menjadikan kebiasaan baru sebuah kepuasan bagi diri Anda).

Berani gagal, pola pikir sukses adalah pola pikir yang tidak takut gagal. Satu hal yang perlu Anda ingat, tidak ada orang yang sukses dalam sehari. Ada kegagalan dan penolakan yang akan Anda hadapi untuk menjadi orang yang berhasil. Untuk itu, Anda perlu mempunyai pola pikir bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk belajar lebih baik, sehingga jika Anda gagal nantinya, Anda tidak terpuruk. Anda justru akan lebih cepat bangkit dari kegagalan karena pola pikir kuat yang sudah Anda bentuk dari awal. Belajar menerima kenyataan, menerima kenyataan seperti apa yang berlaku adalah konsep pola pikir yang tangguh karena Anda paham apa yang Anda alami saat ini. Alih-alih menyalahkan keadaan, Anda sebaiknya memikirkan bagaimana cara untuk keluar dari ketidaknyamanan yang sedang dialami.

Baca Juga :   Guru Profesional di Era Digital

Tidak menerima kenyataan akan membuat Anda stress dan untuk menjadi sukses Anda tentu harus dapat mengatasi stress tersebut agar tidak berpengaruh pada kesehatan mental Anda. Orang yang sukses adalah orang yang lapang dada menerima apa yang terjadi dan mampu melewatinya dengan baik. Belajar dan aplikasikan, orang yang memiliki pola pikir sukses akan berusaha untuk terus belajar dan menerapkan apa yang dipelajarinya. Anda bisa memulainya dengan membaca buku tentang pola pikir, cara mengubah pola pikir, atau buku-buku yang membuat otak Anda bekerja lainnya. Contohnya, Anda bisa membaca buku Carol Dweck yang membahas tentang pola pikir berkembang, buku Gabrielle Bernstein tentang keselarasan pola pikir dan kehidupan, buku Rolf Dobelli yang berjudul The Art of Thinking Clearly, dan buku-buku lain yang menunjang pola pikir yang lebih baik.

Pola pikir dapat menentukan kesuksesan dan kebahagiaan. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa hal yang mendukung perubahan pada pola pikir agar Anda bisa meraih apa yang Anda inginkan. Anda memulainya dengan menyadari bagaimana cara Anda berpikir, kemudian mencoba mengubahnya menjadi mindset orang sukses, berkumpul dengan orang-orang hebat, mencari tantangan, berani gagal, belajar melalui webinar gratis atau ikut kursus online mengenai pengembangan diri yang banyak tersedia di internet, dan terapkan apa yang sudah Anda pelajari hingga mengubah kebiasaan buruk Anda menjadi kebiasaan positif.

Oleh: Sugiarti S.Pd.I
Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Batuah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.