Hadiri Peringatan Hari Jadi HST, Paman Birin Disambut Tarian Batumbang Apam

KabarKalimantan, Barabai – Gubernur Kalimantan Selatan Dr ( HC) H Sahbirin Noor menghadiri peringatan Hari Jadi ke-62 Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Barabai, Jumat (24/12/2021).

Peringatan Harjad ke-62 yang mengusung tema, “HST Muda, HST Kreatif dan HST Maju” itu dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan doa lalu tarian Batumbang Apam.

Bacaan Lainnya

Terlihat Paman Birin (sapaan Sahbirin Noor) didampingi Bupati HST Aulia Oktafiandi dilakukan pengukuran tinggi badan dengan kue apam, kue khas daerah setempat.

Baca Juga :   Festival Hasil Panen Belajar Calon Guru Penggerak Dilaksanakan Dua Hari

Batumbang Apam merupakan salah satu tradisi yang masih berkembang di masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan.

Pada dasarnya tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas kelahiran seorang anak, dengan harapan setelah melakukan tradisi ini sang anak akan cepat bisa berjalan dan tumbuh menjadi anak yang sehat, saleh, serta menjadi anak yang berguna di kemudian hari.

Biasanya, pelaksanaan Tumbang Apam dipimpin oleh seorang sampang atau pemimpin yang mengetahui mantra-mantranya.

Ada beberapa hal yang dipersiapkan untuk batumbang, yakni kue apam yang ditusuk pada pelepah kelapa yang daunnya telah diserut hingga menyisakan lidi. Dan, untuk tinggi pelepah kelapa setinggi dengan orang yang akan batumbang.

Baca Juga :   Bupati Harapkan Hadirnya Layanan Keimigrasian Mampu Menarik Minat Orang Luar Berkunjung ke Bumi Sanggam

Di hadapan warga HST, Paman Birin mengingatkan, agar menghargai perjuangan para pendahulu terhadap Banua ini. Kemudian, lanjut Paman Birin, dalam menghadapi permasalahan yang ada, hendaknya terus bersikap sabar, dan  bersyukur atas nikmat yang diberikan di SWT.

Paman Birin juga mengapresiasi   penghargaan atas peningkatan capaian pembangunan di Kabupaten HST.

Sementara itu, Bupati HST Aulia Oktafiandi dalam sambutannya menyampaikan, peringatan hari jadi ini sebagai penghargaan terhadap pendiri kabupaten yang bekerja keras menjadikan HST sebagai daerah mandiri.

Baca Juga :   Imigrasi Kalsel Beri Pelatihan Pasukan Penjaga Perbatasan

Aulia juga menjabarkan makna tema yang diusung pada peringatan harjad tahun ini. Disampaikan, meski ada ombak ombak atau rintangan yang ditemui, tapi ada juga capaian kemajuan pembangunan.

“Ombak besar atau rintangan dimaksud adalah pandemi Covid-19 dan bencana banjir yang melanda HST,” katanya.

Pada kesempatan itu, bupati juga mengajak warganya agar kuat menghadapi cobaan yang dihadapi.

Terakhir ia mengapresiasi upaya Gubernur Kalsel yang terus mendorong peningkatan capaian vaksinasi di HST hingga mencapai target 70 persen hingga akhir tahun ini.

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.