Normalisasi Sungai dan Drainase Belum Maksimal, Ini Kata Dewan Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali menilai saat ini normalisasi sungai dan drainase di kota ini belum berjalan dengan baik. Pemerintah setempat pun diminta untuk melakukan perbaikan melalui program jangka pendek dan panjang.

“Yang belum terealisasi maksimal yaitu normalisasi sungai,” Kata Matnor Ali kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga :   Upaya Tekan Penyebaran Covid-19, Paman Birin Batasi Arus Masuk dari Luar Kalsel

Matnor menjelaskan, untuk program jangka pendek terkait normalisasi sungai pasca banjir beberapa waktu lalu memang sudah terealisasi baik, namun untuk jangka panjang seperi di Sungai Gardu dan Sutoyo S Banjarmasin perlu berkelanjutan.

“Kalau di dua sungai itu untuk program jangka panjang bisa dibuatkan buka tutup. Sehingga jika terjadi pasang air laut atau ROB dan air meluap bisa tertanggulangi,” ucapnya.

Baca Juga :   Perkelahian Berdarah di Pasar Sentra Antasari, Seorang Pengamen Tewas di Tempat

Sementara drainase ujar politikus Golkar ini, di Banjarmasin memang perlu pemetaan dan perbaikan. Sehingga aliran air dapat maksimal ketika terjadi curah hujan yang tinggi. “Kalau itu mendesak untuk perbaiki, bisa saja langsung di anggarkan,” katanya.

Baca Juga :   Wakil Rektor I ULM Sayangkan Bidikmisi ULM Kosong

Di sisi lain, dirinya pun meminta kesadaran masyarakat di Kota Seribu Sungai agar tidak membuang sampah sembarangan. “Pendangkalan sungai itu bisa diakibatkan menumpuknya sampah. Makanya jangan buang sampah ke sungai,” ingatnya.

Smara Aqdimul Azmi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.