Kajari Batola Paparkan Pendampingan Keperdataan dan Ajak Wartawan Bersinergi dalam Pengawasan

KabarKalimantan, Marabahan – Kajari Barito Kuala Eben Neser Silalahi dalam kesempatan pers release Laporan Kinerja Kejaksaan Negeri Barito Kuala Tahun 2021 menjelaskan tentang pendampingan keperdataan terhadap beberapa SKPD di Pemkab Batola.

Dikatakannya, setiap kegiatan yang ada di SKPD terkait akan didampingi secara keperdataan, dalam artian untuk mengurangi risiko pidana dan perdata akibat pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga :   Jelang Nataru, Wabup Batola Pimpin Rakor Operasi Lilin Lintas Sektor

“Setiap bulan, kami supervisi ke dinas-dinas terkait yang minta pendampingan. Tujuannya supaya pembangunan lebih baik, dan saya juga mengajak insan media bersinergi dalam melakukan pengawasan,” jelasnya, Kamis (30/12/2021).

Untuk MoU pendampingan, lanjutnya, saat ini sudah ada 6 SKPD yang bekerjasama yaitu Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Pendidikan, serta BRI.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Batola Salurkan Bantuan APD

Sementara disinggung terkait perkembangan penanganan kasus korupsi dana desa yang dilakukan kepala Desa Belandean Muara, Eben Neser menjelaskan, sampai saat ini kasusnya sudah masuk penyelidikan dan awal 2022 nanti akan naik ke tingkat penuntutan.

Sedangkan untuk perkara penggunaan aset daerah berupa ruko, sudah masuk proses tahap persidangan dan di tahun 2022 juga akan naik ke tahap penuntutan.

Baca Juga :   PMI Batola Gelar Aksi Donor Darah Menyambut Peringatan Harjad Batola ke-62

Ketika ditanya masalah tidak ditahannya tersangka korupsi Dana Desa di Belandean Muara, Eben Neser menjelaskan, itu adalah kewenangan penyidik. Sebab, ada strategi yang dilakukan penyidik.

Terlebih, lanjutnya, tersangka juga sangat kooperatif dan punya itikad baik untuk mengembalikan kerugian negara. “Tersangka telah mengembalikan kerugian negara Rp 30 juta dari Rp 190 juta,” jelasnya.

Mahmud Shalihin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.