96 Warga Bumi Sanggam Ikuti PBK Angkatan 1 di BLK Balangan

KabarKalimantan, Paringin – Sebanyak 96 orang mengikuti pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) angkatan 1 program APBN, di aula BLK Balangan, Senin (7/2/2022).

PBK angakatan 1 Balangan ini membuka total 6 program, yang meliputi computer operator asisstant, desain grafis muda, menjahit pakaian wanita dewasa, service motor injeksi, pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana dan plate welder smaw 3G UP – PF.

Bupati Balangan H Abdul Hadi yang membuka langsung kegiatan ini mengatakan, angkatan kerja yang bisa disediakan oleh pemerintah setiap tahunnya bagi lulusan sarjana, SMK, SMA itu kurang dari 2 persen.

Abdul hadi berharap adanya pelatihan ini dapat membantu menambah keterampilan untuk menciptakan lapangan kerja baru.

“Dengan adanya pelatihan ini berarti menambah bekal keterampilan bagi anak-anak kita untuk membekali diri dengan berbagai keterampilan supaya bisa menciptakan peluang kerja baru atau wirausaha,” imbuhnya.

Ke depannya Abdul Hadi mengatakan BLK ini supaya dapat meluluskan tenaga kerja siap pakai berstandar perusahaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan Abiji mengatakan, sesuai arahan Bupati Balangan, selain bekerja sama dengan perusahaan, lulusan BLK juga diarahkan untuk berwirausaha.

“Ini sesuai dengan visi misi membangun desa menata kota, sehingga lulusan pelatihan BLK diharapkan dapat andil dalam menciptakan tenanga dan lapangan kerja,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *