Satlantas Polres Kotabaru Sosialisasikan Samsat Digital Nasional

KabarKalimantan, Kotabaru – Untuk memudahkan masyarakat kotabaru bertransaksi secara cashless/non tunai, metode pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui aplikasi Signal ke seluruh Bank Daerah yang ada saat ini terhubung melalui sistem payment gateway/switching dengan beberapa channel pembayaran, Satuan Lantas Polres Kotabaru melaksanakan sosialisasi Samsat Digital Nasional (Signal), Rabu (16/3/2022).

Kapolres Kotabaru AKBP. M Gafur Aditya Siregar, Sik melalui Kasat Lantas Polres Kotabaru IPTU Kukuh, Sik mengatakan kegiatan sosialsisi Signal tersebut untuk pengimplementasian program prioritas Kapolri dalam peningkatan pelayanan Polri kepada masyarakat, khususnya pelayanan regident ranmor yang berbasis technologi informasi secara cepat, tepat, efektif dan akuntabel serta menjamin terselenggaranya pelayanan prima.

Baca Juga :   TP-PKK Kotabaru Ikuti Peringatan HKG PKK ke-50 Secara Virtual

“Adapun tempat yang menjadi preritas kami dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut yaitu Bank Kalsel Kotabaru dan kantor Pos Indonesia Cabang Kotabaru,” ungkapnya.

Signal pun sudah menerapkan One Stop Digital Service (pelayanan daring penuh), masyarakat yang sudah melaksanakan kewajibannya untuk pendaftaran pengesahan dan pembayaran PKB, SWDKLLJ, tidak perlu lagi datang kembali ke Samsat atau unit pelayanan samsat lainnya

“Untuk mendapatkan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran (TBPKP) silahkan manfaatkan jasa antara melalui PT. Pos indoensia yang sudah disediakan dalam aplikasi, sedangkan tanda bukti pengesahan STNK atau e pengesahan, sudah disediakan secara digital yang telah tersertifikasi dengan BSRE BSSN,” katanya.

Baca Juga :   TP-PKK Kotabaru Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Desa Sungai Bali

Hal ini dikarenakan sistem pada aplikasi Signal secara otomatis akan menerbitkan dokumen digital yang valid dan sah berupa e-TBPKP (bukti lunas pajak dari Bapenda), e-KD (polis asuransi dari Jasa Raharja) dan e-Pengesahan (tanda digital pengesahan STNK dari Polri).

Lebih lanjut, tanda e-Pengesahan STNK tahunan berupa QR Code Terenkripsi yang dapat dimunculkan atau dilihat pada aplikasi memiliki legalitas hukum karena sudah dibubuhkan digital signature/tanda tangan elektronik pejabat Direktur Lalu Lintas Polda setempat serta dapat dicek validitasnya oleh masyarakat ataupun petugas di lapangan cukup dengan dipindai menggunakan smartphone dan akan muncul otentifikasi dari Pangkalan Data Regident ERI.

Baca Juga :   Upaya Tekan Penyebaran Corona, Aparat Desa Sangking Baru Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Saat ini aplikasi Signal sudah dapat digunakan untuk operasional dalam rangka uji coba kepada masyarakat dengan maksud dan harapan dapat lebih disempurnakan kembali apabila terdapat kekurangan. Hal ini mengingat sistem Signal yang ada saat ini menghubungkan sub sistem yang dimiliki oleh berbagai pihak atau stakeholder lain.

“Program ini semoga bisa membantu dan bermanfaat, khususnya pada saat era pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat yang sedang diterapkan oleh pemerintah,” jelas Kukuh.

Tidak hanya melakukan sosiaslisasi Signal, Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kotabaru juga menyerahkan spanduk, benner kepada pihak bank dan kantor pos dan juga brosur kepada masyarakat Kotabaru.

Ardiansyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.