Wagub Kalsel Hadiri Syukuran HUT Dekranas ke-42

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dekranasda Kalimantan Selatan diminta harus mampu beradaptasi dan inovatif mengiringi perkembangan zaman dan tekhnologi saat ini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Muhidin dalam sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat pembukaan Rakerda Dekranasda se-Kalsel dan Syukuran HUT Dekranas ke-42 di Gedung Dekranasda Jalan A Yani, Km 5 Banjarmasin, Rabu (16/3/2022).

Dalam sambutan tersebut, Muhidin mengatakan, Dekranasda sebaiknya mampu beradaptasi dengan berbagai kemajuan zaman, seperti upaya untuk mengelola market place kerajinan Kalsel melalui pasar-pasar online, baik yang difasilitasi pemerintah maupun pihak swasta. Sehingga produk yang dihasilkan mampu dipasarkan tidak hanya di pasar domestic, tetapi juga merambah ke pasar dunia.

Baca Juga :   Tanggapi Keluhan Driver, Dewan akan Panggil Aplikator

“Seluruh pengurus Dekranasda harus memiliki komitmen untuk meningkatkan perekonomian daerah. Dekranasda harus mampu tampil sebagai agen perubahan dalam perkembangan industri kerajinan Kalsel,” katanya.

Ia menambahkan, keunggulan Dekranasda dalam jaringan dengan industri-industri kerajinan yang ada di Kalsel, serta mitra kerja yang dimiliki di 13 kabupaten/kota, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, demi majunya industri kerajinan serta dapat membangun inovatif dan mampu memanfaatkan Teknologi Informasi (TI).

“Dekranasda semakin membangun jaringan yang kuat serta mengedepankan kolaborasi terhadap perkembangan kerajinan Kalsel, dan dapat mengakomodir kepentingan serta keunggulan yang dimiliki perajin Kalsel, agar mampu bangkit di tengah kondisi pandemi seperti saat ini,” ucapnya.

Baca Juga :   KRI dr Soeharso Terbuka untuk Umum

Ia berharap melalui rapat kerja daerah ini, segala tantangan pengembangan kerajinan Kalsel dapat solusi dan akan mendapatkan hasil yang diharapkan, serta masyarakat pun turut merasakan peningkatan kesejahteraannya.

“Semoga dengan rapat kerja hari ini, visi dan misi Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan dapat terwujud dan produk kerajinan dari masyarakat dapat menjadi pembanngkit perekonomian Kalsel,” pungkasnya.

Sementara itu terkait dengan perayaan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-42, Wakil Ketua Dekranasda Kalsel Fathul Jannah Muhidin mengatakan, di usia Dekranas ke-42 ini harus dijadikan momentum dalam mendorong kreativitas, dan semangat para pengrajin atau pelaku UMKM di Banua agar terus berkarya.

Baca Juga :   ​Ibnu: Istilah Swastanisasi Itu Pemahaman yang Salah Besar

“Melalui HUT Dekranas ke-42 ini, kita harus betul-betul dalam memberikan pemikiran serta menyusun rencana kerja yang menyentuh masyarakat, khususnya untuk mengangkat harkat dan martabat para perajin lokal kita di bidang produk-produk unggulan khas daerah. Khususnya bagi generasi milenial agar lebih mengenal dan mencintai produk daerah kita,” kata Fathul Jannah. (End/Adpim/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.