Kecamatan Satui dan Angsana Jadi Tujuan Akhir Penilaian Tim Perkembangan Desa dan Kelurahan

KabarKalimantan, Batulicin – Wilayah Kecamatan Angsana dan Satui memasuki hari akhir kunjungan Penilaian Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan memasuki hari akhir, Rabu (30/3/2022).

Mewakili Kecamatan Angsana pada lomba ini, adalah Desa Banjarsari, dan perwakilan Kecamatan Satui Desa Sungai Cuka.

Dalam kesempatan itu, Plt Camat Angsana, Liana Hamita mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan tim evaluasi ke desa itu. Ia merasa bangga atas upaya maksimal dan totalitas yang ditunjukkan oleh Pemerintah Desa dan TP PKK Desa Banjarsari dalam mengikuti lomba itu.

Baca Juga :   Dua Habib Doakan Zairullah Azhar Pimpin Tanah Bumbu

Liana berharap ajang ini juga mampu menjadi pemicu bagi peningkatan kinerja para aparat desa dalam membangun desa dan memberikan pelayanan terbaiknya bagi warga.

Sementara itu, Camat Satui, Ismail saat menyambut tim evaluasi menyebutkan, tidak memasang target khusus dalam lomba kali itu, namun mereka menyatakan komitmen dan kesiapannya apabila Desa Sungai Cuka mampu melaju dan mewakili ke tingkat provinsi.

Baca Juga :   Banjir di Wilayah Kecamatan Satui Sudah Berangsur Surut

Karena menurutnya, Desa itu menjadi salah satu desa yang memiliki kemampuan dan visi pembangunan jangka panjang menuju desa yang mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Samsir yang juga Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan menjelaskan, tim akan mengevaluasi beberapa hal utama di dua tersebut.

Seperti bagaimana proses penyelenggaraan pemerintahan desa, kegiatan pembinaan kewilayahan dan program pemberdayaan masyarakat di wilayah itu. Kemudian update data dalam sistem Prodes, Siskeudes dan Sipades.

Baca Juga :   Lepas Jabatan sebagai Bupati, Mardani Incar Kursi DPR RI

Juga tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel, transparansi pengelolaan anggaran desa serta sejauh mana partisipasi masyarakat dalam ikut membangun desa dengan segala kegiatannya menuju kemandirian desa.

Perlu diketahui, bahwa pemenang lomba dari evaluasi perkembangan desa dan kelurahan akan diumumkan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke-19 pada 8 April 2022 mendatang.

Slamet Riadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.