Sejak Awal Tahun 2022, Gaji Aparatur Desa Dibayar Setiap Bulan

KabarKalimantan, Kotabaru– Sejak awal tahun 2022, para kepala desa di wilayah Kabupaten Kotabaru serta perangkatnya telah menerima pencairan (gaji) setiap bulan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Kotabaru Basuki mengatakan, di tahun 2022 ini pemerintah daerah sudah menerapkan Siltap atau gaji kepala desa, perangkat desa ada ketua BPD, ketua RT dibayarkan per bulan.

“Pembayaran gaji kepada kepala desa dan perangkatnya sejak bulan Januari tahun 2022 tadi sudah kami cairkan setiap bulan dan tidak perlu perangkat desanya ke sini, cukup pihak kecamatannya saja yang membawa kesini, setelah diverifikasi berkas, dokumen di kecamatan sudah lengkap dan memenuhi syarat, kalau perangkat desa mau kesini juga tidak masalah, karena berdasarkan hasil verifikasi ada berkas berkas yang perlu di perbaiki,” ungkap Basuki.

Baca Juga :   Bupati Sayed Jafar Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Kalau selama ini sering terlambatnya pencairan gaji terhadap perangkat desa, lanjutnya, karena pihaknya harus menunggu pemberkasan dari desa harus lengkap dulu.

Baca Juga :   Peringatan Maulid Nabi, Ribuan Umat Muslim Berjubel di Siring Laut

“Tapi sekarang ini kami sudah menerapkan bila pemberkasan desa sudah lengkap kami cairkan dan yang belum lengkap kami tinggal, contoh dalam satu kecamatan itu ada 9 desa dan 6 desa sudah lengkap pemberkasannya, hanya 6 desa itu yang kami cairkan sedangkan 3 desa nya kami tinggal sambil menunggu pemberkasannya lengkap,” jelasnya.

Pencairan perbulan ini ada hal-hal yang harus dibayar mereka, pertama pembayaran iuran BPJS Ketenaga Kerjaan dan yang kedua pembayaran BPJS Kesehatan.

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Tinjau Bencana Longsor di Desa Teluk Sungai

“Alhamdulillah untuk BPJS Ketenaga Kerjaan Kepala Desa, perangkat desa sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Untuk BPJS kesehatan juga sudah semuanya dibayarkan melalui BPKAD. Kalau BPJS Kesehatan itu dipotong dari gaji, sedangkan untuk pembayaran BPJS ketenagakerjaan itu masing masing melalui perangkat desa membayar iuran itu.

Ardiansyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.