Dibonus Sembako Gratis, Vaksinasi Diserbu Warga

KabarKalimantan, Marabahan – Kejar target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis dua di Barito Kuala (Batola), Bupati Hj Noormiliyani AS melakukan pemantauan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tabunganen, Selasa (19/4/2022).

Kendati dalam suasana gerimis, bupati wanita pertama di Kalsel ini, tetap terjun untuk mengetahui secara langsung sejauhmana respon masyarakat terhadap penerapan vaksinasi.

“Kita semua bekerja keras agar target cakupan vaksinasi 70 persen dari pemerintah tercapai,” ucapnya didampingi Kadis Kesehatan Hj Azizah Sri Widari dan Camat Tabunganen Said Muhammad.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat menargetkan cakupan vaksinasi setiap daerah harus mencapai 70 persen dosis kedua hingga akhir April ini.

Baca Juga :   Kasus Plasma Kelapa Sawit KUD Jaya Utama Naik ke Tahap Penyelidikan Pidana Khusus

Batola sendiri, cakupan vaksinasi baru berkisar 62,38 persen. Agar cakupan tercapai berbagai strategi telah dilaksanakan, seperti melakukan sosialisasi, mensyaratkan bukti vaksin dosis dua bagi penerima BLT Program PKH, hingga pemberian insentif paket sembako gratis yang berisi berbagai jenis, termasuk minyak goreng.

Khusus pemberian insentif paket sembako ini Pemkab Batola telah menyiapkan 24 ribu paket untuk 17 kecamatan se-Batola yang peluncuran tahap pertamanya dimulai, Jumat (15/4/2022), sebanyak 7.500 paket.

Khusus pelaksanaan vaksinasi dosis dua di Tabunganen ini, berdasarkan pantauan di lapangan ternyata cukup mendapat sambutan dari masyarakat. Terlebih dalam kegiatan kali ini Pemkab Batola menyertakan pemberian paket sembako gratis.

Miftah (49), warga Desa Tabunganen Kecil mengaku, awalnya bersedia bervaksin dosis dua dengan tujuan hanya untuk memenuhi syarat pengambilan BLT. Namun setelah mengetahui tambahan ‘bonus’ sembako gratis ia pun sangat bahagia, terlebih pemberiannya pada saat warga membutuhkan yaitu di bulan Ramadhan.

Baca Juga :   BNPB Kucurkan Dana Bantuan Perbaikan Rumah Korban Banjir Batola

“Tadinya niat saya ikut vaksin dosis dua ini sebagai syarat mengambil bantuan BLT yang uangnya membeli gula, eh ternyata Alhamdulillah dapat paket sembako gratis yang di dalamnya sudah berisi gula, minyak goreng, dan lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, sejumlah warga yang dijumpai Bupati Noormiliyani mengaku senang dengan pelaksanaan vaksinasi yang disertai pemberian sembako gratis. Mereka bahkan mengusulkan jika pada vaksinasi booster nantinya juga disertai bonus sembako gratis.

Baca Juga :   Putri Batola Raih Posisi Kedua Putri Pariwisata Kalsel

Terpisah, Kepala Puskesmas Tabunganen Abdul Rahim menerangkan, hingga Selasa (18/4/2022), capaian vaksinasi dosis dua di Tabunganen berkisah 54 persen sedangkan dosis pertama justru melebihi target yaitu 84 persen.

Dengan disertai pemberian paket sembako gratis, ia pun optimis target 70 persen yang ditetapkan pemerintah akan tercapai. “Kita akan kejar terus sesuai perintah bupati, selain hari ini besok juga kita akan melakukan vaksinasi dosis kedua di Desa Tanggul Rejo, Beringin Kencana, dan Kuala Lupak,” paparnya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Tabunganen ini tidak hanya melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas namun juga berbagai pihak seperti Koramil, Polsek, dan TNI Angkatan Laut.

Mahmud Shalihin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.