Baznas Batola Buka Penerimaan Zakat Fitrah

KabarKalimantan, Marabahan – Baznaz Barito Kuala (Batola) kembali buka penerimaan Zakat Fitrah di Batola melalui program Batola Setara Cinta Zakat. Bupati Hj. Noormiliyani AS menjadi yang pertama menyalurkan Zakat Fitrah melalui Baznas Batola, Rabu (27/4/2022).

Berlangsung di Aula Mufakat Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Kuala, acara ini dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batola Zulkipli Yadi Noor, Ketua Kakemenag Batola Anwar Hadimi, Ketua Baznas Batola KH. Abdul Aziz, Ketua TP PKK Batola Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua DWP Batola Herwina, Kabag Kesra Batola M. Husaini dan pengurus masjid di Batola.

Ketua panitia sekaligus wakil ketua Baznas Batola H Hajrul Aswad menyampaikan, Baznas merupakan lembaga resmi yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengelola zakat. Hal tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ada, yakni undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan zakat.

“Jadi kita harap para ASN maupun pimpinan SKPD ataupun BUMD di Batola bisa menyalurkan zakatnya melalu Baznas Batola, ” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurut Bupati jika Zakat diterima dan dikelola satu pintu melalui lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah maka dirinya yakin manfaat zakat akan lebih terasa.

“Saya yakin jika pengelolaan zakat satu pintu maka manfaatnya akan terasa dan dapat terpantau pengelolaannya, ” ungkap Bupati wanita pertama di Kalsel ini.

Ia menilai, jika zakat dikelola satu pintu maka akan mencegah kelompok-kelompok radikal memanfaatkan dana zakat ini untuk kepentingan kelompok-kelompok mereka. Bupati pada kesempatan ini juga menyerahkan paket sembako secara simbolis bagi para marbot atau pengurus mesjid di Batola.

“Program ini saya harap juga dapat memacu semangat kita untuk infaq dan sedekah serta meningkatkan rasa kepedulian sosial kita, ” tambah Bupati.

Bupati menegaskan, ini sudah menjadi arahan Presiden Jokowi untuk melakukan penyaluran zakat melalui lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah yakni Baznas.

Mahmud Shalihin

Pos terkait