Dinas Perikanan Kotabaru Sediakan Benih Udang Tiger dan Vaname

KabarKalimantan, Kotabaru – Dinas Perikanan Kotabaru telah menyiapkan benih udang untuk pembudi daya udang tambak.

Kepala Dinas Perikanan Kotabaru Johanudin melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidayaan Ikan Sarawani mengatakan ada dua jenis bibit udang yang disiapkan di balai pembibitan udang.

“Saat ini ribuan hektar tambak budidaya udang di 5 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru dan mereka membeli bibit udang jenis vaname dan bibit udang tiger di balai pembenihan budaya udang milik Dinas Perikanan Kotabaru.”

Baca Juga :   Miris, Tangga Sekolah Ambruk Menimpa Murid di Kotabaru

Harga bibit udang yang dijual jauh lebih murah, satu bibit udang dijual Rp 36 rupiah perekornya, kalau membeli diluar satu ekor bibit udang vaname maupun bibit udang tiger seharga Rp. 42 rupiah perekornya. Selain lebih murah harga bibit udang yang kami jual, tingkat kematian dan tingkat kesetresan udangnya pun lebih rendah bila membeli di daerah luar seperti di Jawa maupun di Sulawesi.

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Hadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Kalsel

“Ukuran bibit udang yang kami jual pin 12 keatas bila dibawah ukuran 12 tidak kami jual, karena kami tidak mau para petani tambak budidaya udang mengalami kerugian, akibat bibit yang kami jual sebelum ditabur ke tambak sudah banyak yang mati,” ungkap Sarawani.

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Tinjau Kebakaran Pasar Kemakmuran

Dengan ukuran itu, para petani tambak budidaya udang, dalam jangka waktu 2 bulan 15 hari atau paling lama 3 bulan sudah dapat panen, dan setiap petani tambak budidaya udang yang membikin bibit dari kami akan mendapatkan penyuluhan dari para penyuluh yang sudah kami siapkan, jelasnya.

Ardiansyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.