Bupati Batola Hadiri dan Resmikan Majelis Ta’lim Dr KH Idham Khalid

KabarKalimantan, Marabahan – Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS resmikan majelis talim Dr KH Idham Chalid di Desa Berangas Timur, Kecamatan Alalak. Acara ini sekaligus haul Datu Kalampayan ke 216, Rabu (18/5/2022) Malam.

Selain Bupati berhadir dalam acara para habib, alim ulama, anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola), Camat Alalak M Sya’rawi, kepala desa dan lurah se-Kecamatan Alalak, Guru H Akhmad Mulkani selaku penceramah dan pimpinan majelis ta’lim Dr KH Idham Khalid Ustadz Hasanudin.

Dihadiri ratusan masyarakat, acara dimulai setelah sholat isya dengan pembacaan Sholawat dan Maulid oleh Muhammad As’ad. Ustadz Hasanudin atau yang akrab dikenas sebagai UAS Banjar ini menyebut penamaan majelis ta’lim bentukannya dengan nama majelis ta’lim Dr. KH. Idham Khalid tidak terlepas dari amanah  tokoh Kalimantan Selatan itu sendiri.

Baca Juga :   Membanggakan, Pemkab Batola Raih Dua Penghargaan dari Kemenkeu

“Saat saya menemani beliau dirumah sakit, beliau mengamanahkan jika hendak membentuk majelis ta’lim agar memakai nama beliau saja, ” ungkap Hasanudin.

Hasanudin menjelaskan majelis ta’limya akan rutin digelas sekali seminggu dengan mengundang para Habib maupun ustadz-ustadz lainnya. Bupati Hj. Noormiliyani AS sangat mendukung terbentuknya majelis ta’lim ini, mengingat selaras dengan visi-misi pemerintah Kabupaten Barito Kuala yakni setara.

Baca Juga :   Bupati Terima 2015 Box Masker CSR Adaro Indonesia

“Dalam misi ketiga kami yakni meningkatkan kualitas ketaqwaan, kecerdasan, kesehatan dan professionalitas sumberdaya manusia. Jelas menunjukkan kepedulian kami dalam meningkatkan ketaqwaan serta menghadirkan nilai-nilai agama dalam kehidupan masyarakat Batola, ” jelas Bupati wanita pertama di Kalimantan Selatan ini.

Dihadapan para jemaah dan zuriat Datu Kalampayan atau yang bernama asli Muhammad Arsyad Al-Banjari ini Bupati menyampaikan bahwa haulan yang dilaksanakan memiliki makna penting untuk mengenang riwayat Datu Kalampayan semasa hidup sekaligus bentuk penghormatan dan rasa syukur atas jasa-jasa yang gigih dan penuh keuletan serta keteladanan tinggi dalam mengajarkan dan menanamkan ilmu pengetahuan agama hingga berkembang sampai sekarang.

Baca Juga :   Tanamkan Sikap Anti Korupsi Sejak di Sekolah, Pengawas dan Kepsek Disosialisasi Zona Pendidikan Anti Korupsi

Pada kesempatan ini Bupati yang juga zuriat Datu Kalampayan ke 7 dari ayahanda beliau Aberani Sulaiman juga berpamitan kepada seluruh masyarakat yang dan tokoh masyarakat yang berhadir

“Masa kepemimpinan kami akan berakhir pada 4 November nanti, saya memohon maaf jiga ada hal-hal yang dianggap tidak berkenan selama kami memimpin Batola, ” tambah mantan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2014-2016 ini.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan manaqib Datu Kalampayan olole Ahmad Mulkani dan pembacaan do’a oleh Muhammad As’ad yang merupakan adik dari almarhum guru Zuhdi.

Mahmud Shalihin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.