Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa di Anjir Muara, Rahmadi: Ingatkan Jangan Sampai Ada Proyek Fiktif di Batola

KabarKalimantan, Marabahan – Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor tutup pelatihan keuangan dan aset Desa Kecamatan Anjir Muara. Pelatihan yang berlangsung di hotel Rodhita Banjarmasin ini sebelumnya di buka oleh Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS, Sabtu (21/5/2022).

Berhadir pula dalam penutupan Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah, mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batola Aziz yaitu Kepala Bidang Pengelolaan dan Aser Desa PMD Marion serta 15 Kepala Desa dan 30 perangkat Desa.

Baca Juga :   Bupati Noormiliyani Serahkan 557 SK PPPK

Wakil Bupati yang akrab disapa Rahmadi ini menyebut pelatihan ini penting untuk dilaksanakan. Mengingat aparat Desa mengelola uang yang merupakan milik masyarakat dan harus bisa mempertanggungjawabkan penggunaannya.

“Jangan dianggap sepele, sepeserpun uang rakyat harus dipertanggungjawabkan, ” ujarnya.

Rahmadi juga meminta kepada para Kepala Desa harus banyak belajar dalam pelatihan ini. Tambahnya, jangan sampai kepala Desa menganggap remeh penyusunan pelaporan keuangan desa ini.

Baca Juga :   BNNK Batola Launching Desa Bersinar di Peringatan HANI

“Memang bapak/ibu punya staf di kantor desa masing-masing. Namun, penting bagi bapak/ibu untuk memahami proses dan teknisnya, ” ungkapnya.

Selain itu, Rahmadi menyebut pengawasan proyek di lapangan harus lebih ketat dilakukan. Rahmadi meminta jangan sampai ada proyek yang under spek (kurang dari yang sudah dispesifikasikan).

“Pengalaman saya sebagai kontraktor, banyak penyuplai bahan bangunan yang mengurangi jumlah bahan yang dipesan. Harus benar-benar kita awasi, karena auditor akan turun langsung melihat pembangunan yang kita lakukan, ” jelasnya.

Baca Juga :   BNNK Batola Gandeng Insan Media Perangi Narkoba

Tambahnya, sesuai peraturan perundang-undangan proyek yang dikerjakan haruslah sesuai dengan yang sudah diajukan. “Jangan sampai kurang atau lebih, bisa jadi temuan nantinya, ” tambahnya lagi.

Rahmadi juga mengingatkan jangan sampai ada proyek fiktif di Batola. Acara dilanjutkan dengan foto bersama.

Slamet Riadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.