210 Peserta Ikuti Kejurprov Catur Kalsel

KabarKalimantan, Banjarmasin – Diikuti 210 peserta, Kejuaraan Provinsi Catur Kalimantan Selatan ini diharapkan dapat melahirkan atlet terbaik untuk kejuaraan tingkat nasional maupun internasional serta mengembalikan kejayaan olahraga catur di Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Kalimantan Selatan, Sutarto Hadi usai membuka kegiatan Kejurprov Catur Kalsel Tahun 2022 di Aula PDAM Bandarmasih, Sabtu (4/6/2022).

Sutarto mengatakan, ajang Kejurprov catur ini merupakan arena untuk menyeleksi atlet-atlet Kalsel yang akan dikirim pada Kejurnas catur di Jakarta.

“Kejuaraan penting bagi kita, agar pembinaan yang selama ini kita laksanakan bisa terus berjalan dengan baik kemudian juga dalam rangka persiapan Porprov Kalsel 2022 di Hulu Sungai Selatan,” katanya.

Menurutnya, penting bagi atlet-atlet Kalsel terutama atlet muda untuk menambah jam terbang dengan terus mengikuti kejuaraan nasional maupun internasional agar kualitas permainan mereka terus meningkat.

“In syaa Allah kalau ada kejuaraan internasional tingkat asean yang akan diselenggarakan di Bali, kita juga akan mengirim atlet Kalsel untuk ikut kejuaraan tersebut,” ucapnya.

Ia berharap, dengan program yang dilaksanakan selama ini sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan catur Kalsel karena Kalsel tempatnya para pecatur andal.

“Ke depan dengan pembinaan yang serius akan menghasilkan pecatur-pecatur Kalsel yang bisa berlaga dilevel internasional,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejurprov Catur 2022, H Amka mengatakan, Kejurprov ini salah satu agenda resmi yang diprogramkan pengprov Kalimantan Selatan.

“Ini adalah mereka para atlet tebaik kabupaten kota yang dipersiapkan untuk event-event resmi. Setelah hasil ini akan kita lakukan lagi seleksi untuk persiapan kejurnas,” katanya.

Ia menuturkan, peserta yang mengikuti ajang ini sebanyak 210 peserta dan melampaui target yang diperkirakan.

“Ternyata peminat catur Kalsel tetap menjadi sebuah minat olahraga di masyarakat. Jadi memang catur menjadi kebanggaan kita dan semoga catur kembali bangkit di event-event berikutnya sampai kejuaraan-kejuaraan nasional maupun internasional,” pungkasnya.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait