Kontingen Tanbu Juara Umum, Para Juara I Kejurprov Percasi akan di Kirim Ikuti Kejurnas di Jakarta

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kontingen Catur Kabupaten Tanah Bumbu menjadi juara umum pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur 2022 yang diselenggarakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel di Aula PDAM Bandarmasih, Minggu (5/6/22).

Ketua Percasi Kalsel, Sutarto Hadi mengatakan, hal yang wajar jika Kabupaten Tanah Bumbu menjadi juara umum karena ia melihat pembinaan di Kabupaten Tanbu luar biasa bagus.

“Atlet senior bahkan sampai level junior berprestasi sangat bagus di Provinsi Kalsel, tapi juga saya berharap kabupaten lain juga mempersiapkan diri karena banyak kejuaraan yang akan kita hadapi,” katanya.

Ia menuturkan, para juara pada Kejurprov ini akan dikirim untuk mengikuti kejurnas di Jakarta pada bulan November mendatang. “Jadi seluruh juara satu semua kita kirim untuk berangkat,” ucapnya.

Baca Juga :   Gerindra Tak Buka Pendaftaran Terbuka untuk Pilkada 2020

Di samping itu, ia menambahkan bahwa juga memberi kesempatan pada atlet lain misalnya juara II kalau mendapat dukungan dari KONI kabupaten/kota dan Percasi Kalsel siap untuk berpartisipasi mendukung agar mereka bisa ikut.

“Paling tidak memberi kesempatan kepada mereka untuk bertanding karena kesempatan bertanding itu menambah jam terbang dan akan memberikan manfaat buat atlet terutama kesiapan mental, pengalaman dan mengatur strategi,” katanya.

Ia berharap, catur ini terus berkembang di kalsel dan adapun target pada kejurnas ia menargetkan emas karena sebagai gambaran di Kejurnas Junior di Belitung Kontingen Percasi Kalsel berhasil mendapat medali emas.

Baca Juga :   IMI Kalsel Ditantang Menjadi Pengurus Provinsi Terbaik

“Artinya dengan mendapat gambaran itu memang peta persaingan catur di indonesia sangat berat, terutama atlet dari DKI Jakarta, Jabar, Jatim itu sangat kuat tapi kita berhasil mencuri emas di Kejurnas Junior,” ucapnya

Ia pun berharap atlet-atlet Percasi Kalsel juga bisa berprestasi di Kejurnas agar bisa menjadi gambaran bagaimana persiapan kita untuk Pra PON. “Saya berharap Kalsel lolos di PON. Oleh karena itu kita harus menang di Pra PON yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Tanbu, Martono mengatakan, anak-anak asuhnya tersebut berhasil melampaui target yang dibebankan pihaknya

Baca Juga :   Warga Kelurahan Teluk Dalam Dukung Gerakan Seribu Tumbler Ibnu Sina

“Alhamdulillah, Tanbu berhasil menjadi juara umum pada gelaran ini. Hasil hari ini sebenarnya melebihi ekspektasi, dimana target kita hanya 3 emas. Tapi kita berhasil melampaui target tersebut,” katanya.

Catatan positif yang diukir di Kejurprov ini, diakui Martono, menjadi modal bagus, sebelum turun di ajang Porprov.

“Ini gambaran kerangka tim yang akan kami turunkan di ajang Porprov nanti. Kita harap perjuangan dan kerja keras positif yang ditunjukkan para pecatur Tanbu ini bisa berlanjut di Porprov dan Kejurnas,” pungkasnya.

Predikat juara umum tersebut diraih Kontingen Tanbu usai mengumpulkan 4 emas dari kategori Veteran, Junior Putri B, Junior Putri C, dan Junior Putra A.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.