Tergabung Dalam Kloter Satu Bersama Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Banjar, Rombongan CJH Balangan Diberangkatkan

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan melepas keberangkatan sebanyak 82 orang Calon Jemaah Haji asal Balangan, di Halaman Masjid Al-Akbar, Kecamatan Paringin Selatan, Sabtu (11/6/2022).

Dalam acara pelepasan Calon Jemaah Haji asal Balangan, turut berhadir Bupati Balangan H Abdul Hadi beserta isteri Hj Sri Huriyati Hadi, Setda Balangan H Sutikno, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Balangan Saribuddin yang diwakilkan oleh Subbag TU Harmainnoor, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Kepala SKPD di jajaran Forkopimda Pemkab Balangan, Camat se-Kabupaten Balangan, seluruh Calon Jemaah Haji asal Balangan dan keluarga.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Balangan, Subbag TU Kemenag Balangan Harmainnoor dalam laporannya mengatakan, Calon Jemaah Haji Kabupaten Balangan tergabung dalam kloter satu bersama dengan Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Banjar yang berangkat atau masuk asrama pada hari ini.

“Masuk asrama yang seyogyanya pada jam 23.00 WITA nanti, namun karena hasil negosiasi kita untuk lebih awal beristirahat jemaah haji kita, maka kita bisa lebih awal masuk asrama,” ujarnya.

Dan selanjutnya, untuk visa seluruh jemaah haji Kabupaten Balangan telah terbit dan hasil PCR jemaah haji Balangan sebanyak 82 orang dengan hasil negatif.

“Kami informasikan juga dan kami laporkan bahwa semua tas jemaah haji Kabupaten Balangan pada saat ini sudah berada di asrama haji dan kita antar kemarin melalui Kantor Kementerian Agama, hari ini sudah berada di asrama haji Banjarmasin,” tuturnya.

Pihaknya berpesan, kepada calon jemaah haji asal Balangan untuk sama-sama menjaga kebersamaan, menjaga kekompakan, dan menjaga nama baik negera serta nama baik banua.

“Mari sama-sama kita jaga kesehatan kita agar kita bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dan sehingga pada akhirnya kita mendapatkan predikat haji yang mabrur, tak lupa kita harus patuhi aturan pemerintah terlebih lebih peraturan Pemerintah Arab Saudi jadi mari sama-sama bapak ibu jemaah haji kita jaga kekompakan, jaga kebersamaan, dan jaga nama baik banua kita khusus nya Negera Indonesia,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, seluruh CJH diberikan kemudahan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji, diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan, dapat menyelesaikan rangkaian-rangkaian ibadah haji.

Sementara itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam kesempatannya menyampaikan, ada 82 jemaah calon haji yang beruntung untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah dalam rangka melaksanakan ibadah haji.

“Mestinya bapak ibu semuanya ini dua tahun yang lalu sudah melaksanakan ibadah haji. Tapi karena Pemerintah Arab Saudi menutup calon jemaah haji untuk seluruh dunia termasuk Indonesia, tahun ini baru bapak ibu semuanya bisa berangkat dan alhamdulillah hasil PCR negatif semua oleh karena itu keberangkatan ini patut kita syukuri dengan cara menjaga kesehatan,” ucap Bupati.

Bupati menambahkan, seluruh CJH ini masuk dalam kloter satu jadi nantinya akan lebih lama di Mekkah dan Madinah. Namun, nanti pulangnya lebih awal dari pada jemaah haji yang lain.

“Oleh karena itu, lama di Madinah lama di Mekkah baru melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Mabit di Muzdalifah dan melempar Jumrah, 3 hal ini yang perlu kesehatan dan kekuatan fisik maka dari itu untuk benar-benar dijaga kesehatan sehingga hukum haji bisa dilaksanakan dalam keadaan sehat wal afiat. Kita doakan mudahan jemaah calon haji Balangan sehat bisa melaksanakan rangkaian proses ibadah haji dengan sempurna dan pulang ke banua kita menjadi haji yang mabrur,” tutupnya.

Hadrianor

Pos terkait