Kajati Kalsel Launching Rumah Restorative Justice di Wilayah Tanbu

KabarKalimantan, Batulicin – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kalimantan Selatan DR Mukri SH MH didampingi Kajari Tanah Bumbu I Wayan Wiradarma meresmikan rumah Restorative Justice (RJ) yang berada di Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (14/6/2022) sore.

Kajati Kalsel mengungkapkan, keberadaan rumah restorative justice atau keadilan restoratif ini memiliki maksud dan tujuan sebagai program prioritas Jaksa Agung, yaitu penyelesaian tindak pidana dengan mekanisme perdamaian antar pihak dan tempat musyawarah mufakat untuk menyelesaikan perkara pidana yang terjadi di masyarakat.

“Dalam penyelesaian perkara pidana itu dilakukan musyawarah yang dimediasi oleh jaksa, serta disaksikan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat setempat,” ujar Kajati.

Ia menambahkan, rumah RJ ini menjadi wadah damai, yang dapat menyelesaikan perkara secara cepat, sederhana dan biaya ringan. Berdasarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 tahun 2020 RJ, hanya untuk perkara yang ancaman pidananya di bawah lima tahun dengan tindak pidana ringan.

“Semoga keberadaan rumah RJ ini dapat menghadirkan kembali peran masyarakat setempat untuk bersama dengan penegak hukum, khususnya jaksa dalam proses penegakan yang berorientasi pada keadilan substantif,” sebutnya.

Mukri menekankan, tindak pidana ringan dapat diselesaikan di luar pengadilan, dan bisa dimusyawarahkan dengan cara kekeluargaan, serta tidak selalu dibawa ke ranah hukum pidana.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan rumah RJ tersebut.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama mendukung pemanfaatan rumah mediasi ini, sehingga ke depan bakal lebih banyak lagi dibangun di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” harapnya.

Turut hadir dalam acara peresmian rumah RJ itu, Kabag Ops Polres Tanbu, anggota DPRD, anggota Kodim 1022/TNB, seluruh pimpinan SKPD, camat, kades dan para undangan lainnya.

Slamet Riadi

Pos terkait