Masyarakat Bumi Sanggam Harapkan Layanan Home Care Terus Berlanjut

KabarKalimantan, Paringin – Dua bulan berjalan, program layanan Home Care (dokter kunjung) di UPT Puskesmas Lampihong diharapkan masyarakat untuk terus berlanjut, Selasa (21/6/2022).

“Menurut saya, ya sangat bangga adanya program seperti ini karena yang pertama memudahkan bagi pasien juga dengan tidak pergi ke rumah sakit untuk berobat tapi malahan dokternya yang datang ke rumah, itu sangat luar biasa program jadi saya sangat apresiasi terhadap para dokter yang ada ini,” ucap Muhammad Noor salah satu warga Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong.

Ia berharap, program ini terus berlanjut karena sangat bagus untuk dilanjutkan, salah satunya memudahkan untuk para lansia-lansia seperti ibu kami ini kan yang tidak bisa ke rumah sakit tapi para dokter nya yang ke rumah.

Sementara itu, Linda Herbayanti selaku Pengelola Home Care di UPT Puskesmas Lampihong mengatakan, pada kegiatan ini pihaknya melaksanakan program Home Care di Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong.

“Ada 6 orang lansia di Desa Matang Hanau yang kita datangi hari ini dan kita berikan pelayanan pengecekan kesehatan secara gratis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala UPT Puskesmas Lampihong H Nuryono saat ditemui di ruang kerjanya menyebut, program layanan Home Care di UPT Puskesmas Lampihong sudah berjalan sekitar 2 bulan.

“Untuk saat ini sudah berjalan sekitar 2 bulan dan berlanjut terus dengan pasien yang sudah dikunjungi itu ada kiranya 40 orang di 20 desa di UPT Puskesmas Lampihong,” tuturnya.

Untuk sasaran, tambahnya, ialah orang yang tidak bisa datang ke pelayanan kesehatan, seperti penderita stroke, kencing manis, dan riwayat penyakit lainnya yang membuat orang tersebut tidak bisa datang langsung ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya.

“Untuk data pasien selama ini adalah kita berkoordinasi dengan aparat dan bidan desa, jadi mereka lah yang melaporkan ke kita, untuk jadwal kita jadwalkan 2 kali seminggu terkait pemeriksaan kesehatan ke rumah-rumah dengan melibatkan seluruh tenaga kesehatan yang ada di UPT Puskesmas Lampihong,” pungkasnya.

Hadrianor

Pos terkait