Insentif Kepala Sekolah di Kabupaten Balangan Dinaikkan

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan telah menaikkan besaran insentif kepala sekolah di tingkat SD hinga SLTP sederajat di Kabupaten Balangan.

Hal itu disampaikan Bupati Balangan H Abdul Hadi pada acara Pengambilan Sumpah Janji Jabatan dan Pelantikan Bagi Pejabat Struktural, Fungsional Kependidikan, dan Pengangkatan Pertama dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan, di Aula Mayang Maurai, pada Kamis (23/6/2022).

“Dahulu perbedaan insentif antara kepala sekolah dan guru berbeda tipis, sedangkan tugas dan tanggung jawab untuk kelancaran dan kualitas ada di tangan kepala sekolah. Oleh karena pertimbangan tersebut, maka pemerintah daerah menaikkan insentif kepala sekolah jadi Rp 1,5 juta,” ujar Bupati.

Sedangkan untuk kepala sekolah dan guru di daerah pelosok, tambah Abdul Hadi, Pemkab Balangan juga memberikan tunjangan khusus, karena baginya para guru itu harus melewati medan yang sulit ditempuh dan jarak yang jauh.

“Karena ada kesalahan data dari Kementerian Desa yang diserahkan kepada Kementerian Pendidikan, maka yang mengajar dan bertugas di daerah pelosok tidak mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat, oleh karena itu Pemkab Balangan tetap memberikan tunjangan khusus bagi mereka,” pungkasnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan H Ribowo juga membenarkan atas pernyataan Bupati Balangan itu.

“Dahulu insentif kepala sekolah sebesar Rp 1,2 juta, sedangkan guru biasa mendapatkan insentif Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta, itupun tergantung masa kerja. Selisihnya sedikit antara kepala sekolah dan guru, oleh karenanya Bupati Balangan meminta untuk dinaikkan,” ungkapnya.

Hadrianor

Pos terkait