Pustakawan Sekolah se-Tanbu Diberikan Pelatihan Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka

KabarKalimantan, Batulicin -Sebanyak 50 orang pustakawan sekolah se-Kabupaten Tanah Bumbu dapat pelatihan pengolahan dan pelestarian bahan pustaka yang dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Selasa (28/6/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu Yulia Rahmadani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas M Saleh mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan kualitas sumber daya pengelola perpustakaan yang mumpuni, memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan keahlian dalam mengelola perpustakaan.

Baca Juga :   Status Dugaan Tindak Pidana Korupsi Perusda BJU Tanbu Masih dalam Tahap Penyidikan

“Pengolahan bahan pustaka adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh suatu perpustakaan sebelum melakukan kegiatan pelayanan kepada pengguna, dimana bahan Pustaka (buku) tidak langsung ditaruh di rak- rak perpustakaan, melainkan harus diolah terlebih dahulu agar semua buku tercatat dengan rapi dan kemudian diletakkan pada posisi yang tepat,” ujarnya.

Baca Juga :   Dispersip Tanbu Gelar Storytelling untuk Menambah Niat Membaca Anak

Hal itu bertujuan agar mempermudah pengaturan penataan dan penempatan bahan pustaka (buku) serta mempermudah pengguna bahan pustaka (pemustaka) dalam penelusuran atau pencarian bahan Pustaka.

“Pelestarian bahan pustaka adalah perihal tentang perawatan, pemeliharaan, pengawetan perbaikan dan reproduksi,” jelasnya.

Baca Juga :   BMKG Terus Pantau PerkembanganCuaca di Sejumlah Daerah Termasuk Tanbu

Ia berharap, melalui kegiatan ini kondisi bahan pustaka yang dimiliki akan tetap terjaga dengan baik dan terawat sehingga pengguna akan dapat merasa puas menggunakannya.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan manfaat kepada semua pihak dan mampu meningkatkan keterampilan para pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan di tempat masing- masing,” ujarnya.

Slamet Riadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.