Kasat Lantas Polres Tanbu: Ingat! Ada Sanksi Pidana bagi Pengguna Knalpot Brong

KabarKalimantan, Batulicin – Satlantas Polres Tanah Bumbu memusnahkan sebanyak 115 unit knalpot brong yang berlangsung di halaman Kantor Satlantas di Kelurahan Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (7/7/2022) pagi.

Kabag Ops Polres Tanbu Kompol Andri Hutagalung didampingi Kasat Lantas AKP Guntur Setyo Pambudi SIK mengatakan, sebanyak 115 unit knalpot brong ini merupakan hasil penindakan pelanggaran lalulintas pada Operasi Kepolisian selama Juni 2022.

“Sebelumnya, pihak Satlantas Tanbu sudah pernah melakukan penindakan knalpot racing atau knalpot brong ini pada bulan Ramadhan lalu sebanyak 174 unit. Namun saat itu masih dilakukan pembinaan dan knalpotnya dikembalikan pada pemiliknya,” jelas Kabag Ops.

Dalam kesempatan itu, Kasat Lantas Tanbu AKP Guntur Setyo Pambudi menambahkan, tidak ada toleransi lagi bagi pengguna knalpot brong yang dianggap melanggar aturan lalulintas Nomor 22 Tahun 2009 tentang aturan lalulintas Pasal 285 ayat (1) Juncto Pasal 106 Ayat (3) pengemudi akan diberikan sanksi, yakni kurungan paling lama satu bulan, atau denda sebesar Rp 250.000.

“Kami dari Satlantas Polres Tanbu mengimbau kepada pengemudi atau pengguna sepeda motor yang berada di wilayah Tanah Bumbu, agar menggunakan sepeda motor dengan knalpot sesuai standar pabrikan, hal ini untuk menjaga keselamatan,” tegas Kasat Lantas.

Dia menegaskan, knalpot brong itu boleh saja dipakai. Akan tetapi saat ada lomba balap atau event sesuai dengan kebutuhan.

Slamet Riadi

Pos terkait