Diskominfo Kotabaru Gelar Sosialisasi Satu Data Indonesia

KabarKalimantan, Kotabaru – Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Satu Data Indonesia (SDI), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru melaksanakan sosialisasi Satu Data Indonesia di Oproom Setda Kotabaru, Selasa (19/7/2022).

“Sosialisasi Satu Data Indonesia ini bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses, dan dibagi pakaikan antar perangkat daerah sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan,” ucap Plt Kepala Diskominfo Kotabaru Gusti Abdul Wakhid.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad menyampaikan, penyelenggaraan Satu Data Indonesia diperlukan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk menghasilkan data yang berkualitas.

“Diharapkan agar sinergitas dan kerjasama yang baik antar instansi terkait dapat terus ditingkatkan. Karena berbagai tantangan dalam pengumpulan, pengolahan maupun penyebarluasan data akan selalu ada kendala,” ucap Sekda.

Menurutnya, peran dan fungsi data dalam perencanaan pembangunan merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar menentukan kebijakan penetapan indikator pembangunan, dan sekaligus sebagai alat untuk melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan pembangunan.

“Satu Data Indonesia (SDI) ini merupakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses dan dipakai antar instansi pusat dan daerah,” pungkasnya.

Ardiansyah

Pos terkait