Disarsipus Kotabaru Gelar Pembinaan Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru

KabarKalimantan, Kotabaru – Pembinaan Perpustakaan Kabupaten/Kota Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotabaru dibuka secara langsung oleh Plt Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip) Ir Endang Camsudin, Jumat (29/7/2022).

Pembinaan Perpustakaan Kabupaten/Kota ini bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarsipus) Kabupaten Kotabaru yng dihadiri Kepala Disarsipus Kotabaru Khairil Fadjri,S.STP, Kepala sekolah MAN Kotabaru Muhammad Yamin dan puluhan tamu undangan diantaranya Pustakawan Kecamatan,Desa dan Sekolah di wilayah Kotabaru serta Mahasiswa dan 2 orang Narasumber dari Dispersip Provinsi Kalsel yaitu Drs.H.Muhammad,M.Si(Pustakawan Ahli Madya) dan Hj.Arbayah,SH (Pustakawan Ahli Muda).

Endang Camsudin Plt Sekretaris Dispersip Provinsi Kalsel mengatakan Dalam undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan berwenang mengatur, mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan di wilayah masing-masing.

Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan perpustakaan yang diarahkan kepada standar nasional perpustakaan yang meliput yaitu standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan dan standar pengelolaan.

Kegiatan pembinaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan pencapaian indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) tertinggi kalimatan selatan dan peningkatan indeks kegemaran membaca (IKM) indonesia.jelasnya.

Ditambahkan Kepala Disarsipus Kotabaru Khairil Fadjri mengatakan kegiatan yg dilaksanakan hari ini adalah pembinaan perpustakaan/kota dari provinsi, karena melihat program yang ada di Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru banyak sekali harus dibenahi dan jalankan tentunya kita sama-sama dengan segala keterbatasan dengan semangat kawan-kawan walaupun dengan perjuangan yang cukup panjang.

Mudahan kita ke depan bisa diberi dukungan penuh oleh pemerintah baik pusat ataupun Provinsi maupun kabupaten untuk lebih aktif kembali melaksanakan kegiatan yang mengandung pendidikan khususnya minat membaca.tegasnya.

Ardiansyah

Pos terkait