Paman Birin, Wartawan Harus Kedepankan Profesionalitas dan Pegang Teguh Kode Etik Jurnalistik

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor membuka Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Kalsel dan Pemilihan Ketua PWI Provinsi Kalsel Periode 2022 – 2027 di Aula PWI Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (30/7/2022).

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, wartawan merupakan empat pilar demokrasi yang mana banyak memberikan gagasan dan pemikiran dalam membangun banua.

“Saya selalu berdiskusi dengan para wartawan. Banyak pemikiran dan ide yang diberikan oleh rekan-rekan wartawan,” katanya.

Ia menuturkan, para wartawan merupakan orang-orang yang tangguh dan ditengah tantangan disaat ini ia juga terus mendorong media di Kalimantan Selatan menjadi media yang profesional, terverifikasi Dewan Pers dan wartawannya memiliki kompetensi, profesional serta berpengetahuan luas.

“Semoga mendapatkan ketua yang dapat membina para anggotanya sehingga dapat terus menjadi insan pers yang profesional dan memegang teguh kode etik jurnalistik,” ucapnya.

Ia berharap, dalam pelaksanan Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Kalsel dan Pemilihan Ketua PWI Provinsi Kalsel Periode 2022 – 2027 dapat berjalan dengan sukses, aman, damai dan lancar.

“Jangan sampai terjadi perpecahan apalagi permusuhan. Kedepankan musyawarah untuk mufakat, kedepankan rasa kekeluargaan yang mencerminkan karakteristik masyarakat Kalimantan Selatan,” ungkap Paman Birin.

Sementara itu, Ketua PWI Kalimantan Selatan periode 2017-2022, Zainal Helmie mengucapkan syukur dipercaya selama 5 tahun menjabat sebagai Ketua PWI Kalsel dan saat ini akan memberikan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diberikan kepadanya selama ini.

“Alhamdulillah saya dipercaya sebagai Ketua PWI Kalsel dan kepercayaan kawan-kawan akan saya berikan pertanggungjawaban hari ini,” katanya.

Ia menuturkan, dalam Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Kalsel, dirinya akan membuktikan kinerjanya selama diberikan kepercayaan oleh rekan-rekan wartawan dalam meningkatkan sumber daya wartawan.

“Wartawan bukan hanya profesional tapi juga harus berakhlak, itu yang kita lakukan. Akhirnya kita bersama-sama meningkatkan kompetensi wartawan. Selama saya menjabat sudah 8 kali digelar Uji Kompetensi Wartawan dan ada sekitar 200 wartawan yang sudah kompeten,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tokoh Pers Kalimantan Selatan, yang juga Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group H Gusti Pangeran Rusdi Effendi AR menyampaikan pesan-pesan kepada para wartawan yang memiliki hak suara dan memilih untuk memilih ketua yang bermartabat.

“Kalau memilih ketua pilihlah yang bermartabat dan mampu memimpin PWI. Karena saya hidup di PWI ini sudah 51 tahun,” pesannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Muslim, Kepala Biro Adpim Kalsel, Barkatullah serta Dewan dan Tokoh Pers Kalimantan Selatan

Adapun dalam pemilihan Ketua PWI Kalsel periode 2022-2027 ada dua bakal calon yakni petahana Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie dan H Luthfi Dahlan Pemimpin Umum Redaksi Harian Kalsel Pos.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait