Pemkab Tanbu Usulkan Pemekaran Kecamatan Baru

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melakukan ekspos usulan pemekaran kecamatan baru di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Kecamatan baru yang direncanakan dengan sebutan Kecamatan Pangeran ini terdiri dari 9 desa dari Kecamatan Kusan Hilir dan 1 desa dari Kecamatan Sungai Loban.

Desa yang masuk dalam rencana pemekaran baru itu yaitu, Desa Betung, Pulau Salak, Beringin, Barugelang, Sungai Lembu, Gusunge, Wirittasi, Batuah dan Pagaruyung bagian dari Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Harapan Jaya yang merupakan bagian Kecamatan Sungai Loban.

Guna mendukung lancarnya proses pemekaran itu, pemerintah daerah juga telah menyediakan sarana dan prasarana pendukung seperti ketersediaan lahan seluas 7 hektar untuk kantor camat, rumah jabatan dan sarana pendukung lainnya. Kecamatan Pangeran sendiri akan beribukota di Desa Beringin.

Dalam ekspos itu, Pemkab Tanbu dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Mariani yang hadir bersama anggota DPRD Tanbu, Komite Percepatan Pembangunan Daerah, Kepala Bagian Pemerintahan serta didampingi oleh Biro Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Slamet Riadi

Pos terkait