Pemkab Balangan Berikan Bantuan Pupuk, Herbisida, dan Handsprayer kepada Petani di Kecamatan Juai dan Halong

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) serahkan bantuan pupuk, herbisida, dan handsprayer kepada para petani di Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong, Kamis (4/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut juga berhadir Bupati Balangan H Abdul Hadi yang langsung menyerahkan bantuan secara simbolis kepada petani didampingi Kepala Dinas KPPP Balangan Ir Tuhalus.

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, pertanian merupakan sektor yang berpotensi terbesar menjadi penyangga perekonomian daerah setelah pertambangan.

“Petani adalah tokoh utama penyangga perekonomian, sekaligus tokoh utama ketahanan pangan nasional,” katanya.

Penyaluran bantuan tersebut bagi Abdul Hadi, harus transparan, tepat sasaran, dan tidak menyulitkan petani.

“Kalau ada penyalur atau kios yang menyulitkan, segera laporkan, tindak lanjuti dan beri tindakan tegas jika terbukti menyulitkan,” tegasnya.

Kemudian lanjutnya, kebijakan bantuan sarana produksi adalah bentuk keberpihakan pemerintah bagi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan petani.

“Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan, meski mungkin hanya untuk jangka pendek.Untuk jangka panjang, mari programkan sekira petani bisa mengembangkan kemampuan untuk mengupayakan sarana produksi secara mandiri,” sebutnya.

Ia juga mendorong untuk menggunakan pupuk organik, karena sangat baik untuk menjaga kelestarian kondisi dan fungsi lingkungan, dan mendapatkan hasil panen atau produk pertanian yang lebih berkualitas.

Hadrianor

Pos terkait