Bupati Zairullah Kukuhkan Bunda Literasi Tanah Bumbu

KabarKalimantan, Batulicin – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengukuhkan Bunda Literasi Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti Zairullah dalam rangkaian acara peresmian gedung fasilitas layanan perpustakaan umum daerah Kabupaten Tanah Bumbu di Batulicin, Kamis (4/8/2022).

Pengukuhan disaksikan langsung Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Deni Kurniadi, dan Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI Adin Bondan.

Baca Juga :   Ambo Sakka Dilantik Jadi Penjabat Sekdakab Tanbu

“Dengan ini, saya Bupati Tanah Bumbu secara resmi mengukuhkan Hj. Wahyu Windarti Zairullah sebagai Bunda Literasi Tanbu periode 2021-2025,” ucap Bupati saat mengukuhkan Bunda Literasi.

Zairullah berharap keberadaan Bunda Literasi ini dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Deni Kurniadi mengatakan literasi merupakan sebuah kemampuan dan kualitas atau kemampuan untuk melek aksara yang didalamnya termasuk pada kemampuan individu untuk membaca, menulis, serta bisa menyaring segala informasi yang beredar apakah hoaks atau fakta.

Baca Juga :   Bupati Resmikan Kantor MUI Tanbu Sekaligus Lantik Pengurus Baznas

Literasi merupakan istilah umum mengacu pada kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, dan berhitung, dan dapat menjadi pemecahan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan didalam kehidupan masyarakat, sehingga literasi tidak bisa lepas dari kemampuan dalam berbahasa.

Baca Juga :   Mardani Ajak Warga Menghukum Pembagi Uang Rp 150 Ribu

Diharapkan gerakan literasi secara esensial dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan literasi memberikan pilihan terhadap informasi yang dibutuhkan masyarakat. Dengan membaca akan memahami dan mengaplikasikan didalam kehidupan sehari-hari.

“Gerakan literasi ini bukan hanya milik pemerintah, tapi juga milik semua stakeholder dan seluruh masyarakat,” ucapnya.

Slamet Riadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.