Sinergi Pemkab Tanbu dan PT BIB, Desa Banjarsari Terbaik Kedua Tingkat Provinsi

KabarKalimantan, Banjarmasin – Desa Banjarsari, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu berhasil menjadi terbaik kedua Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2022.

Atas keberhasilan tersebut, Desa Banjarsari menerima piagam penghargaan yang serahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Samsir didampingi Kepala Desa Banjarsari H Aep Saripudin pada puncak acara Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-72 di Siring Nol Kilometer, Senin (15/8/2022).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Samsir mengaku bersyukur atas torehan prestasi Desa Banjarsari melalui BUMDes-nya tersebut.

Baca Juga :   Bupati Zairullah Ikuti Rakor Kepala Daerah

“Alhamdulillah, ini prestasi yang luar biasa dan tentu saja sangat membanggakan, karena membawa harum nama Kabupaten Tanah Bumbu di tingkat provinsi,” ujar Samsir.

Kendati sangat senang Desa Banjarsari menjadi pemenang kedua dalam lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi ini, bukan berarti membuatnya berpuas diri serta tak putus harapan untuk bisa menjadi yang paling terbaik kedepannya.

Ia mengatakan, akan melakukan evaluasi terkait perkembangan desa, kelurahan, pelayanan publik, menciptakan inovasi, dan memaksimalkan peranan PKK, BUMDes dengan semangat gotong royong.

“Target kedepannya kita harus bisa jadi juara satu,” ucapnya.

Baca Juga :   DLHD Tanbu dan KPH Kusan Tanam Pohon di Kawasan Gunung Tinggi

Tak lupa, Samsir juga mengucapkan terima kasih kepada PT BIB yang melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) terus berkomitmen menjalankan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lingkar tambang, yang salah satunya Desa Banjarsari, Kecamatan Angsana yang memang merupakan desa unggulan di Tanah Bumbu.

Senada dengan Samsir, Kepala Desa Banjarsari H Aep Saripudin juga mengucapkan terimakasih kepada PT BIB yang turut berperan sehingga desanya bisa menjadi pemenang kedua pada lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalsel 2022.

“Melalui dana CSR itu, PT BIB mendorong masyarakat lingkar tambang untuk bisa meningkatkan potensi-potensi di desa dengan berbagai inovasi. Salah satunya program pengelolaan air bersih yang dapat meningkatkan pendapatan asli desa, yang secara otomatis mendongkrak penilaian lomba desa ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Menjelang Pilkada, Bawaslu Tanbu Perkuat Benteng Pengawasan

Menjadi terbaik kedua lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2022 mewakili Kabupaten Tanah Bumbu ini juga menjadi bukti nyata perhatian PT BIB kepada Desa Banjarsari yang tak hanya sekadar menyalurkan dana CSR tanpa ada kelanjutannya.

Aep Saripudin mengakui, program CSR PT BIB dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lingkar tambang itu dilakukan secara berkelanjutan.“Bahkan, pihak perusahaan terjun langsung dalam memberikan pembinaan/pelatihan dalam menggali dan meningkatkan potensi-potensi desa,” katanya.

Suhaimi Hidayat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.