Bupati Noormiliyani yang Merupakan Anak Gubernur Kalsel Ketiga Dapat Kunjungan Anjangsana Pemprov Kalsel

KabarKalimantan, Marabahan – Dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melakukan anjangsana ke rumah keluarga mantan-mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Terkait inilah Tim SKPD Provinsi Kalsel yang terdiri dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Irfan Sayuti dan Kepala Panti RSPD Iskaya Banaran Sri Mulyani beserta beberapa staf mengunjungi kediaman Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS yang berada di Jalan Pengeran Antasari No.1 Marabahan.

Kehadiran rombongan yang diterima langsung Bupati Noormiliyani ini selain untuk bersilaturahmi sekaligus untuk menyerahkan bingkisan berupa paket cendera mata di antaranya berisi perlengkapan shalat, sasirangan, parcel makanan, parcel buah, dan parcel mangga.

Noormiliyani mendapat kunjungan anjangsana karena merupakan anak almarhum H Aberani Sulaiman, Gubernur ke-3 Provinsi Kalimantan Selatan yang memimpin sejak tahun 1963-1968.

“Kunjungan yang kami laksanakan ini sesuai arahan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam kaitan Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-72. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk perhatian atas jasa-jasa para orang tua mereka yang pernah menjabat gubernur dan wakil gubernur selaku perintis sekaligus pejuang dalam melaksanakan pembangunan di Kalsel,” papar Kadisnakertrans Kalsel Irfan Sayuti.

Irfan Sayuti mengharapkan, cendera mata yang diberikan hendaknya jangan dinilai dari bentuknya namun hendaknya dilihat sebagai penghargaan atas perjuangan dan pengabdian yang diberikan yang tidak ternilai harganya.

Terlebih kepada almarhum H Aberani Sulaiman yang pernah menjadi Ketua Panitia Persiapan Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 yang jasa-jasanya sangat besar atas lahirnya Provinsi Kalimantan (dulu Kalimantan provinsinya hanya satu).

“Jadi kunjungan kami ini sebagai bentuk apresiasi bahwa jasa-jasa beliau akan selalu dikenang oleh pemerintah daerah. Terlebih beliau (almarhum H Aberani Sulaiman) ini bukan hanya pemimpin tapi juga pejuang, perintis di bidang pembangunan, ekonomi, hingga keagamaannya karena beliau merupakan zuriat ulama besar kita (Datu Kelampayan),” ujar Irfan.

Sementara itu, Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS menitip salam dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang telah mengingat almarhum sang ayahandanya.

“Kami atas nama keluarga mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalsel dalam hal ini Gubernur H Sahbirin Noor yang telah mengingat jasa-jasa abah (ayah) baik selaku pejuang maupun salah satu Gubernur di Kalsel,” ujarnya.

Bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menerangkan, kunjungan anjangsana ini baru pertama kali. Sebelumnya apresiasi diberikan dalam bentuk undangan kepada seluruh keluarga mantan gubernur yang dikumpulkan dalam satu pertemuan silaturahmi.

Mahmud Shalihin

Pos terkait