Pemerintah Kabupaten Kotabaru Peringati Hari Perhubungan Nasional

KabarKalimantan, Kotabaru – Dalam rangka memperingati hari Perhubungan Nasional 2022 yang bertemakan ” Bangkit Maju Bersama”, Pemerintah Kabupaten Kotabaru melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di depan Kantor Bupati Kotabaru, Senin (19/9/2022).

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus mengatakan, di masa pemulihan pandemi ini harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. Dikatakannya, banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflansi yang melambung tinggi. “Namun kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini,” ujarnya.

Di sektor transportasi nasional pun, lanjut Sayed Jafar, kebangkitan itu mulai terlihat. Berdasarkan data BPS, sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21 di kuartal kedua 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5, 44 persen.

“Pencapaian ini harus kita syukuri. Di tengah tantangan, sektor transportasi masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh insan transportasi di manapun berada,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak untuk tetap mengenang jasa-jasa para pendahulu, yang telah gugur dalam tugas memajukan transportasi Indonesia. “Kita kenang mereka semua sebagai pahlawan transportasi,” ucapnya.

Pun demikian, di tengah pencapaian yang baik ini, harus diakui masih banyak hal yang harus dibenahi, ada banyak pembangunan yang harus dituntaskan dalam meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi, perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia, dan juga tantangan-tantangan lainnya.

“Tantangan ini tidak akan bisa kita hadapi tanpa kolaborasi, tanpa sinergi dari kita dan pemangku kepentingan di sektor transportasi. Oleh karena itulah hari perhubungan tahun ini mengambil tema ” Bangkit Maju Bersama”. Artinya, kita tak akan cepat bangkit jika tidak bersama, dan tidak bersatu. Ibarat kata pepatah, sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan,” kata Sayed Jafar.

Tak hanya itu, ia meminta seluruh stakeholder harus berkolaborasi, bahu membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi dengan peran masing-masing. Semuanya demi untuk menopang berbagai sektor kehidupan yang akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, sesuai cita-cita bersama.

“Semangat kolaborasi dan sinergi, juga menjadi roh pada peringatan hari Perhubungan Nasional tahun ini. Semua Dilaksanakan bersama-sama, setiap stakeholder, baik operator, asosiasi dan regulator terlibat secara aktif dalam berbagai program dan acara. Bahkan, sebagian menjadi penanggungjawab utama,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya rangkaian tahun 2022, berbagai kegiatan seni, olahraga, kampanye keselamatan transportasi, bakti sosial, upacara dan lain-lain.

“Semuanya terselenggara dengan baik berkat kolaborasi kita semua, mari kita wujudkan kolaborasi yang lebih baik lagi untuk memajukan transportasi Indonesia di masa mendatang,” jelas Sayed Jafar.

Ardiansyah

Pos terkait