Dinkes Kotabaru Gelar Lomba Sekolah Sehat Berbasis Stratifikasi

KabarKalimantan, Kotabaru – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan melaksanakan lomba sekolah sehat berbasis stratifikasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam kegiatan ini didatangkan langsung tim penilai atau dewan juri verifikasi lapangan dari provinsi kalimantan selatan bersama rombongan, yang berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotabaru, Sabtu (29/10/2022).

Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Minggu Basuki menyambut baik kedatangan tim dewan juri verifikasi lapangan dari Provinsi Kalsel. Ia mengatakan, dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, kesehatan anak usia sekolah menjadi salah satu sasaran upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Program UKS yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sekolah sehat yang di kenal dengan TRIAS UKS diarahkan untuk membentuk perilaku anak hidup bersih dan sehat.

Baca Juga :   Program BPNT  Permudah Penyaluran Bantuan Sosoial

Tujuan umum UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup sehat  serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia indonesia seutuhnya.

“Tujuan khususnya adalah memupuk derajat kesehatan peserta didik yang di dalamnya mencakup memiliki pengetahuan sikap keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, sehat baik dalam fisik arti fisik, mental maupun sosial dan memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk narkoba, obat-obatan dan bahan berbahaya, minuman keras, rokok dan sebagaimana Sasaran program kegiatan UKS adalah peserta didik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan tingkat pendidikan menengah (TK, SD, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat),” jelasnya.

Baca Juga :   Polres Kotabaru Gelar Apel Bersama Persiapan Pengamanan Tahun Baru

Ditambahkan Tim Penilai atau Juri Badul Bastih mengatakan setelah apa yang pihaknya dengar dan lihat kemarin saat tim pembina UKS UKM Kabupaten Kotabaru menyampaikan profilnya pada saat zoom meeting, saat ini pihaknya akan melihat sejauh mana nanti sudah disampaikan kepada tim juri tentang profil Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru dan TK yang mana langsung di bawah pimpinan Ketua Persit Chandra Kirana Kotabaru.

Baca Juga :   Bangun Sinergitas, Kalapas Kotabaru Ajak Kawanan Jurnalis Ngopi Bareng

“Mudah-mudahan, lebih dari apa yang kami lihat dan kami dengar di zoom meeting kemarin. Kerena dari video kemarin ada efek yang bagusnya pada saat menyampaikan profil ke 4,” ujarnya.

“Diberitahukan juga mulai tahun ini tidak ada lagi juara 1,2,3 dan seterusnya untuk madrasah dan sekolah sehat, tetapi kita menuju berbasis stratifikasi. Stratifikasinya dari dasar, standar, optimal dan paripurna. Yang kita tuju adalah ke paripurna, kalau sudah sekolah atau madrasah itu berstratifikasi paripurna in syaa Allah nanti akan diberi penghargaan oleh tim pembina UKS/UKM di tingkat pusat,” terangnya.

Ardiansyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.