Warga Sungai Cuka Terima Sejumlah Bantuan dari Paman Birin

KabarKalimantan, Pelaihari – Rombongan kunjungan atau turun ke desa (turdes) yang dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin tiba di Kantor Desa Sungai Cuka Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut sekitar pukul 15.54 Wita, langsung melakukan penanaman pohon di halaman kantor setempat lalu beramah-tamah dengan tokoh/warga, diakhiri penyerahan sejumlah bantuan yang tujuannya agar bisa mengendalikan inflasi tahun ini.

Paman Birin mengatakan, turdes sudah beberapa kali dilakukan untuk mengunjungi desa-desa di Kalsel, dan turdes kali ini sekaligus sebagai upaya mengendalikan inflasi di daerah.

Memang ujarnya, bangsa ini masih belum merdeka dari kemiskinan dan kebodohan. Makanya ia mengajak masyarakat bahu membahu untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan maju.

“Inilah yang bisa kami lakukan dalam rangka mencari strategi agar lepas dari inflasi yang mengancam bangsa ini,” ujar Paman Birin.

Camat Kintap, Muhammad Alfan Rosidi Anwar, S.STP mengatakan, sangat bangga dengan kedatangan gubernur yang datang dengan sejumlah bantuan untuk warga. “Kami berharap turdes ini berjalan lancar tanpa halangan,” ujarnya.

Salah seorang warga Musyid mengaku senang mendapat bantuan dari Paman Birin yang diterima langsung dirinya. “Terimakasih Paman Birin atas bantuannya,” kata Musyid.

Kegiatan merupakan rangkaian Turdes Gubernur Kalsel yang menggunakan trail secara estafet mulai 3 – 7 Nopember 2022 di 9 kabupaten/kota dalam rangka pengendalian inflasi yang puncaknya akan diserahkan piagam MURI di Kiram Park Kabupaten Banjar, Senin (7/11/2022).

Secara simbolis, Paman Birin melakukan penanaman pohon jenis alpukat. Tanaman lain yang diserahkan adalah petai, jengkol, dan durian yang jumlah seluruhnya 250 bibit pohon.

Di tempat yang sama, diserahkan juga bantuan paket perlengkapan sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel untuk 80 orang anak.

Sedangkan Dinas Sosial Provinsi Kalsel menyediakan 125 paket sembako yang juga diserahkan Paman Birin secara simbolis, ditambah bantuan hibah Mesjid Rp 200 juta dan bantuan untuk Pondok Pesantren Rp1 miliar dari Biro Kesra Setdaprov Kalsel.

Selain itu, bantuan juga disediakan Dinas Kehutanan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalsel berupa buku sebanyak 107 eksemplar, dan bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan berupa ikan sebanyak 100 paket, Dinas Kesehatan Kalsel juga membagikan PMT ibu sebanyak 5 paket dan 5 paket untuk anak, menyediakan vaksinasi bergerak untuk 150 orang plus paket bantuan sembako dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel. (sal/adpim/adv)

Pos terkait