Pemkab Balangan Fasilitasi Pelaku UMKM dengan Tambahan Modal Usaha Pinjaman Tanpa Bunga

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan berikan kesempatan terhadap pelaku UMKM untuk mendapatkan tambahan modal usaha dengan pinjaman tanpa bunga di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Paringin.

Hal tersebut diutarakan langsung Bupati Balangan H Abdul Hadi, Selasa (29/11/2022).

“Buat UMKM Balangan silakan ke BPR untuk tambahan modal usaha, Pemda memfasilitasi pinjaman dana 0 persen tanpa bunga,” ujarnya.

Baca Juga :   Warga ini Laporkan H Syaifullah atas Pemalsuan Dokumen Tanah

Bupati menjelaskan, Pemda Balangan telah melakukan penyertaan modal usaha untuk UMKM Balangan ke Bank Perkreditan Rakyat Paringin sebesar Rp 5 milyar di APBD-P 2022.

“Dana ini khusus dipinjamkan untuk pelaku UMKM Balangan dengan pinjaman tanpa bunga. Mudah-mudahan dengan penyertaan modal khusus untuk untuk UMKM ini bisa menambah geliat UMKM dan pertumbuhan usaha kecil menengah di Kabupaten Balangan,” tuturnya.

Baca Juga :   Pejabat hingga Pimpinan Perusahaan Swasta Kabupaten Balangan Dikukuhkan Jadi Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting, Termasuk Bupati Abdul Hadi

Selain itu, katanya, Pemda juga sudah melakukan pembicaraan dengan BPD Balangan. “Silakan pelaku UMKM datang ke BPD Balangan (Bank Kalsel) untuk menambah modal usaha dengan pinjaman tanpa bunga,” ungkapnya.

Kemudian juga, sebagai bentuk apresiasi Pemda Balangan terhadap pelaku UMKM yang telah berjuang untuk pertumbuhan ekonomi keluarga dan ekonomi daerah, pemerintah daerah di tahun 2023 akan mengasuransikan pelaku UMKM di Balangan.

Baca Juga :   Gerak Cepat, BPBD Balangan Langsung Pantau Titik Longsor 

“Yaitu asuransi BPJS Ketenagakerjaan, jika dalam berusaha terjadi kecelakaan dijalan atau meninggal dunia (nauzubillah), mudahan tidak. Maka pelaku akan mendapatkan klaim dana asuransi sebesar Rp 40 juta,” pungkasnya.

Hadrianor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.