Paman Birin, Program Zmart Baznas Diharapkan Memicu Masyarakat Berzakat, Berinfak dan Bersedekah

KabarKalimantan, Banjarbaru – Program Zmart Baznas Kalsel diharapkan dapat memicu kesadaran masyarakat untuk terus berzakat, berinfak dan bersedekah guna menumbuh kembangkan perekonomian SDM serta menjadi titik awal pertumbuhan zakat yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat di Banua Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar pada Launching Program Zmart Baznas RI sekaligus penyerahan beasiswa dan bantuan peningkatan kualitas Rumah Tangga Layak Huni (RTLH) di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi yang besar kepada Baznas yang terus memperlihatkan pengelolaan dan kepeduliannya dalam melaksanakan tugas serta fungsi dalam mensejahterakan kehidupan umat di Provinsi Kalsel.

Baca Juga :   Ibnu Sina: SOPD Pemkot Banjarmasin Dilantik Sabtu Nanti

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut sehingga zakat benar-benar dapat menjadi pendongkrak ekonomi serta penumpang kehidupan masyarakat,” katanya.

Paman Birin juga berharap dari bantuan ini, para penerima dapat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan keluarga, pendidikan serta berdaya dalam dongkrak perekonomian UMKM.

“Kepada penerima bantuan, diharapkan bisa semakin berdaya dalam upaya peningkatan ekonomi serta pemenuhan kebutuhan keluarga,” ucapnya.

Baca Juga :   Trotoar Siring Balai Kota Banjarmasin Mulai Ambles

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas RI, Syaidah Sakwan mengatakan, bantuan ini penting karena Baznas adalah lembaga pemerintah non struktural yang ditugaskan negara untuk menjadi amil negara, untuk bisa mengelola seluruh potensi zakat infaq sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

“Dana yang dikelola Baznas itu ditujukan untuk bisa melakukan pengentasan angka kemiskinan di Indonesia,” katanya.

Ia menuturkan, 100 Zmart yang diluncurkan di Kalsel yang tersebar disejumlah daerah, diharapkan menjadi program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban.

Baca Juga :   Diperingati dengan Kegembiraan, Para Buruh Tetap Perjuangkan Haknya

“Semoga mereka mendapatkan penghasilan lebih, bisa menyekolahkan anak-anaknya dengan baik juga,” ucapnya.

Adapun Ketua Baznas Kalsel Irhamsyah Safari menyebutkan, Program Zmart Baznas ini diberikan kepada 50 penerima manfaat di Kota Banjarmasin, ditambah 50 penerima lainnya di sejumlah kabupaten.

“Program Zmart terdiri dari bahan bantuan modal usaha, branding, serta renovasi warung, pelatihan pengembangan bisnis hingga kepada pendampingan terhadap mustahik (penerima) agar dapat meningkatkan usaha mereka,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Beasiswa Cendikia Baznas, yang diberikan kepada 50 penerima ditambah 14 beasiswa pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo Mesir.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.