63 Tahun Batola, Semakin Maju dan Berdaya Saing Tinggi

KabarKalimantan, Marabahan – Tepat pada 4 Januari 2023, Kabupaten Barito Kuala berusia 63 tahun. Sepanjang perjalanannya, kabupaten berjuluk Bumi Ije Jela ini menunjukkan telah semakin maju dan juga berdaya saing tinggi.

Pj Bupati Batola Mujiyat menyampaikan, hari jadi ke 63 Batola merupakan momen istimewa baginya. Pasalnya menjadi hari jadi pertamanya memimpin Batola, Kamis (5/1/2023).

“Dalam usianya yang ke 63 tahun Pemkab Batola telah terbukti mewujudkan hasil kerja yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, ” ungkap Mujiyat.

Paparnya, hal ini tidak terlepas dari karya nyata para pemimpin pendahulu baik Bupati maupun Wakil Bupati.

Mujiyat selanjutnya sampaikan keberhasilan pembangunan di Batola, gini rasio Batola pada 2021 adalah 0,284 angkanya lebih tinggi dari gini ratio Provinsi Kalsel 0,330, sehingga ketimpangan pendapatan Batola lebih rendah dari Prov Kalsel.

Baca Juga :   H Hasanuddin Murad Berpulang ke Rahmatullah, Pj Bupati Batola Sampaikan Duka Mendalam

Tingkat kemiskinan pada 2022 mengalami penurunan dibanding 2021 dari 5,12% menjadi 4,75%. Tingkat Penganggutan Terbuka (TPT) di Batola pada tahun 2022 lebih rendah dari Prov Kalsel sebesar 4,74%. Pertumbuhan ekonomi Batola mengalami peningkatan pada 2022 dari -1, 06 menjadi 3,17. Sementara capaian reformasi birokrasi pada tahun 2022 dengan kategori (CC) dan Indeks Kepuasan Masyarakat 85,25 dengan nilai SAKIP kategori (B) menunjukkan tingkat akuntabilitas kinerja yang baik.

Hasil Survey Penilaian Integritas (SPI) KPK Barito Kuala mendapatkan skor 75,46 yang berada diatas rata-rata nasional. Sedangkan sampai saat ini Batola dari penilaian MCP KPK KORSUPGAH (Koordinasi Supervisi dan Pencegahan) berada pada urutan 2 se Kalsel dengan nilai 92,15.

Baca Juga :   DPRD Batola Lakukan Kunker ke Dispersip Tabalong

Selanjutnya program prioritas Pemkab Batola 2023 yakni persiapan pilkada serentak, peningkatan jalan Kuta Bamara dan jalan Taman Sari Bunga, destinasi wisata, pelayanan publik, pelayanan dasar dari tingkat Desa/Kelurahan, peningkatan produksi pertanian, bedah kampung untuk peningkatan Desa mandiri, satu SKPD satu inovasi, mempertahankan penghargaan (Adipura, KLA,dll), penanggulangan bencana, kegiatan keagamaan, lomba skala nasional (tour de Barito Kuala dll).

“Pembangunan ini tidak terlepas dari kinerja sinergis antara Pemkab Batola dengan Pemerintah Pusat, Pemerintahan Prov Kalsel dan masyarakat, ” jelas Mujiyat.

Baca Juga :   Kendati Diguyur Hujan, Upacara Hari Pramuka ke-61 di Batola Tetap Dilaksanakan

Mujiyat juga mengucapkan banyak terimakasih kepada DPRD Kabupaten Batola atas kerjasama yang terjalin. Mujiyat juga sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, insan media guna mewujudkan masyarakat Batola adil, makmur dan sejahtera.

Hari jadi Kabupaten Barito Kuala sendiri tahun ini bertema “Barito Kuala BISA” yang bermakna Batola Berdaya saing, Inspiratif, Sportif dan Amanah. Puncak perayaan hari jadi akan digelar di halaman kantor Sekretariat Daerah pada Kamis (5/1) dengan berbagai rangkaian acara baik pasar rakyat maupun lomba olahraga tradisional.(lapsus)

Mahmud Shalihin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.