Jambore Akbar PSKS “Bergerak”, Ajang Silaturahmi dan Membangkitkan Semangat para Relawan Sosial

KabarKalimantan, Martapura – Melalui Jambore Akbar Relawan Sosial Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) “Bergerak” Provinsi Kalimantan Selatan dapat membangkitkan semangat PSKS di Kalsel seperti Tagana, Karang Taruna dan dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun saat konfrensi pers di Alam Roh 20 Desa Kiram Kabupaten Banjar, Selasa (28/2/2023).

Plt Kadinsos Kalsel yang akrab disapa Madun ini mengatakan, Jambore akbar ini dalam rangka untuk membangkitkan semangat Potensi Sumber  Kesejahteraan Sosial karena mereka yang langsung berhadapan dengan permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

“Dengan jambore akbar ini kita kumpulkan semua potensi sumber kesejahteraan sosial agar mereka bangkit semangatnya, bangkit dari tidurnya, untuk bekerja gembira, bekerja keras, dalam menghadapi masalah-masalah yang ada dimasyarakat,” katanya.

Dengan jumlah 3.000 an peserta yang berasal dari 13 kabupaten kota se-Kalsel, kemudian para undangan dari pensiunan Dinsos, pekerja sosial, tokoh masyarakat, kepala panti asuhan, bahkan ada dari Provinsi luar Kalsel seperti Kalteng, Kaltim, dan Jawa Barat mengirimkan peserta.

“Mungkin akan menyusul provinsi lain yang ingin melihat moment Jambore Akbar PSKS di Kalsel ini,” ucap Madun.

Ia menambahkan, dengan jumlah peserta sebanyak itu, dan tidak pernah ada yang mengumpulkan Relawan PSKS, pada Jambore Akbar tersebut Provinsi Kalimantan Selatan bakal mencatatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

“Kita kembali akan lagi mendapatkan Rekor Muri karena tidak pernah ada mengunpulkan potensi sumber daya sosial seperti ini,” katanya.

Kegiatan Jambore Akbar PSKS yang berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari Tanggal 3 Maret hingga 5 Maret 2023 ini juga bertepatan dengan Peringatan Pekerjaan Sosial se-Dunia.

“Jambore Akbar ini juga bertepatan dengan momentum Peringatan Pekerjaan Sosial se Dunia. Mungkin akan datang utusan dari PBB Perwakilan Indonesia Seperti UNICEF, UNISCO dan UNDP,” ucap Madun.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi menambahkan, selain mendapat Rekor Muri, rencananya juga akan ada penganugerahan bagi Gubernur Kalimantan, Selatan Sahbirin Noor sebagai Pembina Utama PSKS.

“In syaa Allah Pak Gubernur akan menerima penganugerahan sebagai pembina utama PSKS yang baru pertama kali di Indonesia dan kemudian beliau juga akan menerima predikat sertifikasi dari MURI Jambore Relawan Sosial terbanyak se-Indonesia. Dan Alhamdulillah kita bisa memecahkan rekor MURI lagi di wilayah kalsel, khusus di Dinsos tiga rekor muri selama kepemimpinan Paman Birin kita bisa pecahkan,” pungkasnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama Jambore Akbar tersebut yakni, Bakti Sosial Penanaman 1.500 pohon di Alam Roh 24 Kiram, Donor Darah, Tausyiah, Penyerahan Bantuan Sosial kepada KPM dan apresiasi bagi PSKS Pemprov Kalsel, Lomba Paduan Suara Mars Bergerak, Balogo, Enggrang, Bakiak dan Lomba Mapping Building, serta kegiatan Malam Keakraban, dan Lokakarya.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait