Kecamatan Paringin Pamerkan Sejumlah Produk UMKM di Balangan Expo 2023

KabarKalimantan, Paringin – Camat Paringin Misrina Wati sambut baik dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan yang melangsungkan expo dan pameran dagang dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Balangan yang ke-20.

Camat menilai event Expo Balangan 2023 yang digelar dari tanggal 10-15 Mei 2023, di kawasan Tugu Maritam ini sebagai wadah dalam promosi-promosi beberapa produk unggulan yang ada di desa-desa mereka.

Pada expo ini juga di stand Kecamatan Paringin sendiri terpampang jelas beberapa produk UMKM, seperti makanan ringan, kain sasirangan, dan lain-lain.

Camat Paringin Misrina Wati saat ditemui awak media di lokasi Balangan Expo menyampaikan adapun beberapa produk yang pihaknya tampilkan dari pendukung expo kecamatan Paringin yang di Motori oleh pelaku usaha kecil dengan produk unggulan yang ada di kecamatan Paringin.

“Ada beberapa produk yang ditampilkan diantaranya dari UMKM rorompok bahenol dengan produk unggulannya yakni rengginang kerdil, kacang telor sistik keju, keripik tahu dan jelly kering,” ujarnya.

Selain itu tambahnya juga ada dari UMKM Bunda dengan produk unggulan keripik pisang dan kue basah, dan UMKM tiga badangsanak dengan produk unggulannya telor asin, UMKM 3D dengan produknya kacang disko, UMKM Kaganangan dengan produk unggulannya kue sagu dan kacang selimut, UMKM Dapur Sitiya Rizky dengan produk unggulan tempe urik, UMKM sweet salty bukit dengan produk unggulan bocket, LKP Paringin dan UMKM Zahra banjari dengan produk unggulan kain sasirangan ,UMKM Acil Hadar dengan produk unggulannya petis dan rujak buah, UP2K Balida dengan produk kerajinan dari bambu.

Camat Paringin berharap gelaran pameran ini sukses dan bisa sama-sama optimalkan fungsinya sebagai ajang untuk mempromosikan, supaya masyarakat tahu ada produk berkualitas yang ternyata buatan UMKM, sehingga terdorong untuk membeli, dan lebih memilih produk lokal.

“Mari kita tunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa banyak produk rumahan yang ternyata kualitas baik, dan banyak inovasi yang dilakukan oleh pelaku UMKM. Mari kita berbangga menggunakan produk lokal,” katanya.

Disampaikan camat Paringin meskipun pameran seperti ini penting dan strategis, namun pameran saja tidak cukup, promosi juga harus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan jaman.

“Promosi produk UMKM harus ditingkatkan melalui jalur online, di tempatkan di toko-toko, jadi para pelaku UMKM harus belajar platform digital. UMKM harus bisa naik kelas baik secara mindset maupun omzet,” pungkasnya.

Hadrianor

Pos terkait