Bapenda Kotabaru Sosialisasikan Pajak dan Retribusi kepada PT Sinarmas Group

KabarKalimantan, Kotabaru – Satu pekan setelah lebaran, Bapenda Kotabaru kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi UU Nomer 1 tahun 2022 tentang perpajakan dan retribusi.

Sosialisasi, UU No. I tahun 2022 di wisata Goa Lowo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru berikan langsung oleh kepala Bapenda Kotabaru Drs. H. Akhmad Rivai didampingi Kabid Penagihan Riadi Hafijie, Kabid Pajak Daerah I Misa Herayanti, Kabid Pajak Daerah II Barsiah, Kabid Pengembangan H. Halim Perdana Putra, Kasubit Pemeriksaan dan Penetapan I Nevi Rahayu Ningsih, Analis Keuangan Pusat dan Daerah Kotabaru Siswanto dan Yenni Wolantari beserta staf yang dihadiri Koordinator Legal PT Sinarmas Group Rudi Reynaldi dan perwakilan management PT Sinarmas di Kecamatan Kelumpang Hilir, Kecamatan Kelumpang Hulu dan sekitarnya, Rabu (17/05/23).

Kepala Bapenda Kabupaten Kotabaru H Akhmad Rivai mengatakan tujuan dari kegiatan sosialisasi UU No. I Tahun 2022 tentang Pajak dan Retribusi, yang akan berlaku di pada tanggal 05 Januari tahun 2024 nanti, agar para perusahaan terkhusus perusahaan Sinarmas Group dapat mengetahui apa saja pajak yang wajib dibayar mereka.

Jadi kami laksanakan kegiatan sosialisasi di wisata Goa Lowo yang berada di wilayah kecamatan Kelumpang Hilir, selain mereka mendapatkan informasi tentang kewajiban mereka sebagai wajib pajak, para management PT. Sinarmas Group juga dapat menikmati wisata Goa Lowo, ucap Rivai.

“Tidak hanya mensosialisasikan UU No. 1 tahun 2022, pihak kami juga memberikan evaluasi tentang apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan terhadap pajak daerah, guna mendongkrak pendapatan daerah. Kepada management perusahaan agar membayar pajak setiap tanggal 15, jangan sampai lewat, karena akan dikenakan denda,” katanya.

“Selain memberikan sosialisasi UU Nomer 1 tahun 2022, di wisata Goa Lowo ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dengan para management perusahaan tersebut, apa yang kami sampaikan pun mudah mereka terima sambil menikmati suasana wisata goa Lowo,” ucap Rivai.

Untuk PT Sinarmas Group ini patut diberikan apresiasi juga, karena management mereka selalu membayar pajak dan ini patut dicontoh bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten Kotabaru, namun ke depan kami berharap kepada PT Sinarmas Group apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan agar dapat diperhatikan, harap Rivai.

Sementara itu, Koordinator Legal PT Sinarmas Group Rudi Reynaldi mengatakan, kami sangat menyambut baik kedatangan Kepala Bapenda kabupaten Kotabaru beserta staf, dalam rangka memberikan sosialisasi UU No. 1 tahun 2022 Tentang Pajak dan Retribusi daerah.

Dengan adanya sosialisasi ini, maka kami akan mengetahui lebih dalam lagi apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan dalam hal perpajakan dalam meningkatkan PAD kabupaten Kotabaru.

Kegiatan sosialisasi ini kami harapkan jangan hanya satu kali ini saja di laksanakan, kalau bisa berulang-ulang kali sehingga hubungan silaturrahmi PT. Sinarmas Group dengan Bapenda Kotabaru makin erat dan juga dengan adanya sosialisasi ini kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi sekali, jelas Rudi Reynaldi.

Ardiansyah

Pos terkait