Pemkab Kotabaru Launching Gerakan Pangan Murah Nasional 2023

KabarKalimantan, Kotabaru – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melaksanakan launching Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak secara nasional di halaman Pasar Limbur Raya, Senin (26/6/2023).

Pada kegiatan tersebut, komoditas pangan yang disediakan yakni, beras medium Bulog 4 ton, beras premium Bulog 2 ton, minyak goreng kemasan 2 liter sebanyak 550 liter, gula pasir 300 kilogram, bawang putih 75 kilogram, bawang merah 100 kilogram, telur ayam 200 kilogram, sayur mayur dan telur asin, dan beras premium lokal.

Sedangkan pihak yang berpartisipasi yaitu, Bulog Kotabaru, Disperindagkop Kotabaru, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, BPR Kotabaru, dan pedagang grosir beras Moga Bauntung.

Selain itu, dalam GPM itu juga terlibat beberapa instansi yakni, Sekretariat Kotabaru, Polres Kotabaru, Diskominfo Kotabaru, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan, Polsek Pulau Laut Utara.

Kepala Bidang Distribusi dan Kesediaan Pangan Susilawardaya mengatakan, kegiatan yang digelar atas inisiasi dari Bapenas dan dilaksanakan serentak secara nasional untuk pertama kalinya dalam menjaga stok pangan dan stabilitas harga, terutama komoditas pangan pokok.

“Sasarannya, tentu saja untuk masyarakat yang membutuhkan dengan harga di bawah pasaran. Kegiatan GPM ini intinya sama dengan operasi pasar murah, namun istilah ini baru yang diluncurkan oleh Bapenas,” terang Susilawardaya.

Program Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dilaksanakan oleh 300 pemerintah provinsi, kabupaten/kota serentak se-Indonesia hingga bisa memecahkan rekor MURI.

Informasi didapat, untuk Kabupaten Kotabaru sudah beberapa kali dilaksanakan pasar murah yakni, bulan Mei 2023 satu kali selama 3 hari di Pasar Limbur Raya, bulan Juni 2023 satu kali selama 1 hari di Kecamatan Hampang, bulan Juni 2023 satu kali selama satu hari di Siring Laut Kotabaru, bulan Juni 2023 satu kali selama 3 hari di Pasar Limbur Raya.

Ardiansyah

Pos terkait