Idul Adha 1444 Hijriyah, Kodim 1022 Tanah Bumbu Laksanakan Ibadah Qurban

KabarKalimantan, Batulicin – Usai pelaksanaan Sholat Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, Kodim 1022/Tanah Bumbu se-jajaran melaksanakan penyembelihan hewan untuk diqurbankan.

Pelaksanaan qurban yang bertempat di halaman belakang Makodim 1022/Tnb, Jalan Kodeco, Km 4,5, Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (29/6/2022).

Pada lebaran tahun 2023, Sebanyak 11 ekor sapi, 6 ekor di potong di Makodim disembelih oleh Panitia qurban dan 5 ekor didistribusikan ke Koramil jajaran Kodim 1022/Tnb , dimana dagingnya dibagikan kepada veteran kemerdekaan, warakawuri, pondok pesantren, panti asuhan dan warga sekitar Makodim 1022/Tnb yang membutuhkan dan berhak menerimanya.

Sebagai mana pada tahun sebelumnya, seluruh kegiatan mulai dari penyembelihan hingga daging siap dibagikan, seluruhnya dilakukan oleh panitia qurban yang telah ditunjuk.

Usai menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban, Dandim 1022/Tnb Letkol Inf Aldin Hadi SH M Tr (Han) yang diwakilkan Kasdim 1022/Tnb Mayor Inf Priya Firmansyah berharap kegiatan pemotongan hewan qurban dapat memberikan manfaat dan hikmah bagi seluruh pihak.

“Semoga dengan ibadah qurban ini, kita dapat memaknai apa itu makna dari qurban yang telah dicontohkan oleh nabi Ibrahim As dan nabi Ismail As, bahwa ibadah qurban itu adalah tentang pengorbanan apa yang kita cintai seperti harta benda kita untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan,” ucapnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, umat manusia hanya berrban dalam bentuk hewan qurban, tapi Nabi Ibrahim rela mengkurbankan anak kesayangannya, sedangkan nabi Ismail rela mengorbankan jiwanya demi menjalankan perintah dari Allah SWT.

“Semoga kita semua diberikan kemudahan dan keikhlasan dalam melaksanakan hikmah hari Idul Adha itu sendiri,” pungkas Kasdim.

Selain untuk beribadah, pemotongan hewan qurban ini dilakukan juga untuk menjalin silaturahmi antara TNI dan masyarakat.

Slamet Riadi

Pos terkait