Peringatan HUT Bhayangkara Ke-77 di Bumi Sanggam, Ini Pesan Jokowi yang Dibacakan Kapolres Balangan

KabarKalimantan, Paringin – Polres Balangan serta jajaran laksanakan apel peringatan Hari Bhayangkara ke-77, di Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Sabtu (1/7/2023).

Peringatan hari Bhayangkara ke-77 di Kabupaten Balangan juga diikuti oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, dan tampak hadir langsung Bupati Balangan H Abdul Hadi beserta Ketua TP-PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan.

Selain itu, apel peringatan hari Bhayangkara ke-77 juga diikuti oleh jajaran TNI/Polri, satpam linmas, pramuka, Public Safety Center (PSC) Balangan, dan para tamu undangan lainnya.

Baca Juga :   18 Personil Polres Balangan Naik Pangkat Satu Tingkat

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin dalam kesempatannya membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-77, selamat menjalankan amanah mulia, selamat mengabdi kepada rakyat dan negara.

Lebih lanjut Presiden RI mengatakan, setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan rakyat, wajib memelihara keamanan dan ketertiban, wajib menegakkan hukum dan keadilan, wajib melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Menurutnya, setiap gerakan Polri diawasi oleh masyarakat yang bisa membuat menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Baca Juga :   Bupati Balangan Lantik 82 PNS dan PPPK Jadi Pejabat Fungsional

“Setiap saat Polri diawasi oleh rakyat, gerak-gerik Polri tidak bisa ditutup-tutupi lagi, hati-hati bisa direkam dan disebarluaskan. Setiap saat kepercayaan terhadap Polri akan selalu diuji, disurvei di seberapa tinggi tingkat kepercayaan rakyat terhadap Polri,” ucapnya.

Presiden RI juga menyampaikan tentang hasil survei tentang kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang meningkat dibandingkan awal tahun 2023.

“Saya sedikit senang pada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang di awal tahun 2023 sekitar 60%, saat ini sudah naik menjadi di atas 70%. Ini perkembangan baik tapi masih jauh dari harapan dan masih banyak keluhan terhadap Polri, yang perlu ditindak lanjuti dengan cepat”, ujarnya.

Baca Juga :   Serapan APBD 2023 Balangan Rendah, Bupati: Terkendala Penyedia Jasa Kontraktor dan SDM

Jokowi menekankan bahwa kewenangan dan kekuatan Polri itu besar demi berjalannya sebuah negara.

“Oleh sebab itu, harus digunakan secara benar, seluruhnya, seadil-adilnya. Jangan disalahgunakan, jangan ada dibelokkan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas,” ucapnya.

Hadrianor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.