“Jadikan Momentum KBN 2023 untuk Menambah Pengetahuan dan Wawasan serta Tanamkan Rasa Cinta dan Mengasihi”

KabarKalimantan, Martapura – Para peserta Kemah Bela Negara (KBN) 2023, dapat memanfaatkan momen kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta selalu berusaha menjadi yang terbaik dengan tetap mencintai alam dan mengasihi sesama manusia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kalsel, Kak Sahbirin Noor saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Budi Waseso pada Upacara Pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) 2023 di Kiram Park, Senin (10/7/2023) malam.

Ia mengatakan, masuknya pengaruh budaya asing dikhawatirkan dapat melupakan sikap luhur bangsa indonesia yang sopan santun, saling gotong royong, menghormati orang tua, bersikap toleransi pada sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan perbedaan lainnya, sebagaimana yang dinyatakan dalam slogan Bhineka Tunggal Ika serta budaya yang bersifat negatif lainnya seperti penyebar luasan kabar bohong, ujaran kebencian, perilaku seks bebas, ketergantungan pada narkotika dan obat terlarang serta timbulnya berbagai tindakan kriminalitas termasuk tawuran antar remaja merupakan hal yang kini banyak terjadi.

“Oleh karena itu kita semua harus bergandeng tangan, bahu membahu, bergerak bersama, membela Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui cara dan kemampuan kita masing-masing,” katanya.

Ia menyampaikan, membela NKRI dapat diwujudkan dengan sikap menghormati orang tua, saling menghargai sesama, dan tidak melakukan hal-hal negatif seperti terlibat dan terjerumus pada jerat narkoba maupun aksi-aksi kriminalitas lainnya.

“Kaka-kaka pembina pramuka harus mampu membina para peserta didiknya untuk menjauhi hal buruk tersebut dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat demi kemajuan diri para peserta didik maupun masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.

Untuk itu, ia mengajak semua untuk selalu berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk menerapkan kode kehormatan pramuka berupa satya dan dharma pramuka. “Jadikan satya dan dharma pramuka benar-benar terwujud dalam kehidupan kita semua, bukan hanya sekedar lancar dihapal saja,” katanya.

Dalam sambutan tertulis Kak Budi Waseso yang dibacakan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dapat melaksanakan KBN 2023 walaupun pada awalnya tidak masuk dalam program kerja kwartir nasional.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dengan semangat dan dukungan penuh dari Pemprov Kalsel kegiatan ini akhirnya dapat dilaksanakan,” pungkasnya.

Adapun kegiatan Kemah Bela Negara ini akan berlangsung dari 10-16 Juli 2023 di lima lokasi dengan jumlah peserta 1.181 orang dari 18 Kwartir Daerah di Indonesia.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait